Kompas.com - 10/10/2021, 20:35 WIB
Universitas Brawijaya ShutterstockUniversitas Brawijaya
|

KOMPAS.com - Pada pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2022 by Subject: Clinical and Health, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya (UB) di urutan ketiga nasional.

Adapun pemeringkatan menyoroti universitas yang terkemuka di bidang kedokteran, kedokteran gigi, dan bidang kesehatan lainnya. Hasil ini dirilis oleh lembaga pemeringkatan THE WUR pada 16 September 2021.

Menurut Ketua Pusat Pemeringkatan Adharul Muttaqin, S.T., M.T., UB berada di urutan ketiga setelah UI dan Unair. Dan berdasarkan skor, UB berada pada peringkat 601+ dunia.

Baca juga: Mahasiswa UB Inovasi Alat Sterilisasi APD

"Teaching dilihat dari survei reputasi dalam hal pengajaran, rasio dosen dan mahasiswa, jumlah mahasiswa doktor dibandingkan dengan mahasiswa S1, dan institutional income," ujarnya dikutip dari laman UB, Minggu (10/10/2021).

Sedangkan kategori Research merujuk pada jumlah publikasi dan penghasilan dari penelitian, International Outlook pada jumlah mahasiswa dan dosen asing.

Serta kerja sama publikasi dengan luar negeri, dan Industry Income dari penghasilan yang diperoleh UB dari industri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ingin terus berbenah

Sementara Dekan FK UB Dr. dr. Wisnu Barlianto, Sp.A., M.Si.Med., manyatakan ingin terus berbenah untuk meningkatkan pemeringkatan.

"Sebenarnya UB memiliki rencana pengembangan jangka panjang dengan target pemeringkatan internasional 500+. Jadi harapannya dalam beberapa tahun ke depan ranking kita bisa naik lebih tinggi lagi," harapnya.

Dijelaskan, kategori citation, teaching, dan research memiliki bobot penilaian paling besar. Untuk itu fakultas berupaya menggenjot penelitian.

Baca juga: Webinar UB: Stunting Harus Ditangani Masyarakat dan Pemerintah

Mulai dari meningkatkan kemampuan menulis proposal dan artikel ilmiah, juga mengembangkan dana penelitian.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.