Program Pintar
Praktik baik dan gagasan pendidikan

Kolom berbagi praktik baik dan gagasan untuk peningkatan kualitas pendidikan. Kolom ini didukung oleh Tanoto Foundation dan dipersembahkan dari dan untuk para penggerak pendidikan, baik guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dosen, dan pemangku kepentingan lain, dalam dunia pendidikan untuk saling menginspirasi.

Hari Perempuan Pedesaan Internasional dan 7 Semangat yang Perlu Diteladani

Kompas.com - 15/10/2021, 19:25 WIB
Peringata Hari Perempuan Pedesaan Internasional yang jatuh pada 15 Oktober 2021, perlu jadikan momentum memberikan penghormatan kepada semua perempuan yang berjuang meningkatkan pembangunan, pendidikan, dan ketahanan pangan di desa. DOK. TANOTO FOUNDATIONPeringata Hari Perempuan Pedesaan Internasional yang jatuh pada 15 Oktober 2021, perlu jadikan momentum memberikan penghormatan kepada semua perempuan yang berjuang meningkatkan pembangunan, pendidikan, dan ketahanan pangan di desa.

Oleh: Titien Suprihatien | Guru SMPN 11 Batang Hari, Jambi

KOMPAS.com - Hari Perempuan Pedesaan Internasional diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Peringatan Hari Perempuan Pedesaan Internasional yang sudah berlangsung sejak 13 tahun lalu bertujuan memberikan penghargaan kepada perempuan-perempuan pedesaan yang memiliki peran penting dalam memberantas kemiskinan.

Perempuan pedesaan juga berperan dalam meningkatkan pembangunan dan ketahanan pangan di desa.

Semenjak tahun 1979 kondisi wanita pedesaan sudah menjadi perhatian PBB. Indonesia sebagai anggota PBB juga tidak tinggal diam. Indonesia telah mengeluarkan undang-undang tentang desa yaitu Undang-undang No. 6 tahun 2014.

Undang-undang tersebut memberikan kesempatan yang sama kepada semua penduduk desa untuk berpartisipasi dalam aspek kehidupan desa. Artinya, kesetaraan gender merupakan prinsip yang harus dipegang oleh mereka.

Tujuan dilahirkannya Undang-undang desa adalah agar desa lebih berdaulat dan otonom. Supaya desa menjadi subjek dalam pembangunan di desa. Ini tentu merupakan peluang bagi perempuan pedesaan Indonesia untuk berkarya dan berperan aktif memajukan kehidupan di desa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Hari Perempuan Internasional, Ini Rektor-Rektor Perempuan di Indonesia

Perempuan kota dengan ciri pedesaan

Tidak bisa dipungkiri kemajuan zaman membuat banyak perempuan menjadi lebih modern. Ini tentu sah-sah saja. Namun sebagai perempuan timur, perempuan Indonesia hendaknya tetap memiliki sifat luhur perempuan pedesaan, di antaranya:

1. Religi dan bersahaja

Perempuan pedesaan umumnya masih memegang teguh nilai-nilai agama yang mereka anut. Wanita pedesaan juga hidup bersahaja, mereka tinggal di rumah sederhana yang asri dan dengan penampilan yang alami.

2. Cinta lingkungan dan gemar bercocok tanam

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.