Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penutupan FIKSI 2021, Nadiem Makarim: Masa Transisi Harus Diisi Keyakinan dan Optimisme

KOMPAS.com - Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia atau FIKSI 2021 yang telah berlangsung sejak 12 Oktober 2021 secara resmi telah ditutup Mendikbud Ristek Nadiem Makarim pada Jumat, 15 Oktober 2021.

Mendikbud Nadiem Makarim dalam penutupan acara mengingatkan kepada para siswa agar masa transisi harus diisi dengan keyakinan dan optimisme ke depan.

"Kita harus percaya diri dengan ide-ide kreatif yang kita miliki serta terus mengejar ketertinggalan dengan semangat terus berinovasi," pesan Mas Menteri kepada peserta FIKSI 2021.

Ia juga mengingatkan hal lain yang tidak kalah penting yakni jiwa sosial dan tekad berkontribusi. "Kreativitas yang kita miliki perlu diimbangi dengan jiwa sosial yang tinggi sebab pembangunan berkelanjutan menjadi tujuan kita bersama," ujarnya.

Ia menilai tingkat kemajuan sebuah bangsa tidak hanya dilihat dari pembangunan infrastruktur melainkan juga kualitas manusia. 

"Inovasi yang adik-adik cetuskan hari ini adalah kekuatan kita untuk membangun Indonesia tumbuh dan tangguh di masa depan," pungkas Mendibud Ristek.

FIKSI merupakan salah satu ajang talenta yang sejak semula bertujuan menjadi medan kreatifitas para siswa SMA/SMK/MA-sederajat di bidang kewirausahaan.

Untuk FIKSI SMA, tema yang diambil tahun ini adalah "Dare to Start; Create the Future! Jejaring Cerdas untuk Masa Depan yang Tangguh”, sedangkan untuk siswa SMK yaitu "Vokasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Persaingan Global".

Lahirkan usahawan muda untuk Indonesia Maju

Dalam kesempatan sama, Dirjen Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto juga mengajak peserta untuk terus bersemangat membangun ekosistem kewirausahaan di kalangan pelajar.

Wikan mengajak siswa untuk melihat penutupan FIKSI 2021 bukan sebagai tujuan akhir melainkan menjadi salah satu capaian untuk langkah-langkah hebat untuk menjadi entrepreneur dan pemimpin masa depan. 

"Generasi yang berjiwa entrepreneur seperti kalian itu yang bisa melihat dan memanfaatkan peluang. Sesuai arahan Bapak Presiden Jokowi kita tengah menuju ekonomi dan industri 4.0 dan untuk menghadapi hal ini, kalian menjadi garda di depan akan menjadi pemimpin kita," ungkap Wikan.


Dirjen Vokasi Wikan Sakarinto menutup sambutannya dengan pantun, "hati merindu ingin berkabar, kepada dia yang kutuju. Dengan semangat Merdeka Belajar, FIKSI lahirkan wirausahawan muda untuk Indonesia Maju."

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi menyampaikan, pada malam penutupan FIKSI 2021 diumumkan para peraih medali dan penghargaan lainnya untuk para finalis yang telah mengikuti seleksi.

Adapun jumlah medali yang akan diumumkan untuk FIKSI SMA/MA dan SMK adalah 17 medali emas, 17 medali perak, dan 16 medali perunggu serta penghargaan khusus.

Bidang lomba yang dilombakan pada FIKSI SMA yaitu Bidang Boga, Bidang Aplikasi, Game, Video, dan Animasi, Bidang Desain Grafis, Bidang Budidaya dan Lintas Usaha, Bidang Fashion, dan Bidang Kriya.

FIKSI SMA menampilkan 130 karya terbaik (254 siswa) dari 1.942 pendaftar yang datang dari 33 Provinsi.

Sedangkan FIKSI SMK meliputi Bidang Agribisnis dan Agroteknologi, Bidang Kemaritiman, Bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial,Bidang Pariwisata, Industri Seni, dan Kreatif, Bidang Teknologi Rekayasa dan TIK.

Untuk FIKSI SMK diiikuti oleh 50 karya wirausaha (100 siswa) terbaik dari 476 karya yang mendaftar.

Kepala Puspresnas juga menyampaikan, selain kompetisi FIKSI 2021 juga menghadirkan nara sumber workshop yang diharapkan akan memperkaya kemampuan siswa, antara lain Victoria Tahir (Mayapada Group), Fiki Satari (Kementerian Koperasi dan UMKM), perwakilan UNDP, Astra Honda Motor dan Astra Internasional.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/10/16/092346371/penutupan-fiksi-2021-nadiem-makarim-masa-transisi-harus-diisi-keyakinan-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke