Kompas.com - 16/10/2021, 10:48 WIB
Pengumuman pemenang FIKSI 2021 yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) pada Jumat, 15 Oktober 2021. DOK. PUSPRESNASPengumuman pemenang FIKSI 2021 yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) pada Jumat, 15 Oktober 2021.

KOMPAS.com - Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia atau FIKSI 2021 yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek telah resmi ditutup Mendikbud Ristek Nadiem Makarim pada Jumat, 15 Oktober 2021.

FIKSI merupakan kompetisi kewirausahaan siswa yang digagas Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek sebagai upaya menanamkan nilai-nilai Pelajar Pancasila yang kreatif dan mandiri melalui penanaman jiwa dan karakter wirausaha/enterpreneur.

Plt. Kepala Puspresnas menjelaskan, FIKSI 2021 merupakah tahun keenam penyelenggaraan FIKSI bagi siswa SMA dan MA yang tahun ini mengangkat tema "Dare to Start; Create the Future! Jejaring Cerdas untuk Masa Depan yang Tangguh”.

Sedangkan untuk siswa SMK, tahun ini FIKSI kembali dilaksanakan setelah vakum selama 4 (empat) tahun dengan tema "Vokasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Persaingan Global".

Seleksi FIKSI, jelas Asep Sukmayadi, dilakukan secara beberapa tahap yaitu seleksi Administrasi, Seleksi Rencana Bisnis, dan finalnya adalah Seleksi Presentasi, Wawancara, dan Pameran atau Expo FIKSI yang akan digelar 11-16 Oktober 2021.

"Jumlah peserta yang mendaftar pada FIKSI SMA/MA berjumlah 1.921 karya untuk kategori Rencana Bisnis dam 121 karya untuk kategori Ongoing," ungkap Kepala Puspresnas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bidang dilombakan dalam FIKSI SMA/MA adalah Bidang Boga, Bidang Aplikasi, Game, Video, dan Animasi, Bidang Desain Grafis, Bidang Budidaya dan Lintas Usaha, Bidang Fashion, dan Bidang Kriya.

Untuk FIKSI SMK, jumlah pendaftar total berjumlah 476 karya. Bidang yang dilombakan di FIKSI SMK meliputi Bidang Agribisnis dan Agroteknologi, Bidang Kemaritiman, Bidang Kesehatan dan Pekerjaan Sosial, Bidang Pariwisata, Industri Seni, dan Kreatif, Bidang Teknologi Rekayasa dan TIK.

Baca juga: Penutupan FIKSI 2021, Nadiem Makarim: Masa Transisi Harus Diisi Keyakinan dan Optimisme

 

"Sedangkan jumlah finalis yang terpilih untuk mengikuti Expo FIKSI SMA/MA berjumlah 130 karya. Untuk Expo FIKSI SMK, jumlah karya yang terpilih adalah 50 karya," ujar Asep Sukmayadi.

Dalam penutupan, Kepala Puspresnas menyampaikan jumlah medali yang dibagikan untuk FIKSI SMA/MA dan SMK adalah 17 medali emas, 17 medali perak, dan 16 medali perunggu serta penghargaan khusus.

Berikut daftar peraih medali emas FIKSI 2021 SMA dan SMK, serta peraih penghargaan khusus: 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.