Kompas.com - 13/10/2021, 10:14 WIB
Massachusetts Institute of Technology Dok. PixabayMassachusetts Institute of Technology

KOMPAS.com - QS World University Rankings (WUR) telah merilis daftar pemeringkatan universitas terbaik dunia di tahun 2022. QS menilai dari pemeringkatan terhadap 1.300 universitas top dunia dan tahun ini hanya terjadi sedikit pergerakan di peringkat teratas.

Massachusetts Institute of Technology (MIT), University of Oxford dan Stanford University masih menjadi tiga besar universitas terbaik dunia.

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, Massachusetts Institute of Technology (MIT) terus menjadi universitas terbaik nomor satu dunia versi QS WUR dengan perolehan skor sempurna, yakni 100.

Baca juga: Beasiswa S2 Stanford University 2022, Kuliah Gratis dan Biaya Hidup

Lalu, apa hal yang menarik dan keistimewaan dari MIT sehingga mampu mencatatkan diri sebagai universitas terbaik di dunia?

Melansir laman Kelas Pintar, MIT merupakan institusi riset swasta yang berlokasi di kota Cambridge tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Bay di Boston, Amerika Serikat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

MIT tercatat memiliki 5 kampus dan 1 program kerja sama dengan World Hole Oceanographic Institution (WHOI), dan itu artinya MIT memiliki 32 departemen yang dikhususkan pada bidang Sains dan Teknologi.

Hingga saat ini, MIT menawarkan 44 gelar sarjana dengan berbagai kajian ilmu seperti Teknik Sipil, Arsitektur, Perencanaan Tata Kota, Teknik Mesin, Elektro, Metalurgi, Ilmu Komputer, Biologi, Rekayasa Biologi, Komputasi dan sistem biologi, Fisika, Aeronautics, Matematika, Sistem Rekayasa, Sains dan Teknologi Nuklir, Perhitungan Desain dan Optimasi, Ilmu Otak dan Kognitif, Operasi Research Centern, Antropologi, Linguistic , Ilmu kesehatan dan Teknologi, Politik, Sejarah hingga ekonomi bisnis.

Baca juga: Lulusan 8 Kampus Ini Cepat Dapat Kerja, Ada Kampus Kamu?

Sementara untuk program pasca sarjana, MIT menawarkan program doktor komprehensif dengan berbagai gelar akademis seperti Master of Science (MSi), Doctor of Philosophy (PhD), Doctor of Science (ScD), Master Arsitek (March), Master Administrasi Bisnis (MBA), Master Perencanaan Kota (MCP), Master Engineering (M.Eng), Master Finance (Mfin), dan program pascasarjana interdisipliner seperti MD/Ph.D yang menjalin kerja sama dengan Harvard Medical School.

Berikut sejumlah fakta penting tentang MIT:

1. Terdepan dalam transformasi teknologi

MIT sangat menjunjung tinggi ide dan inovasi dari mahasiswanya dan mentransformasikannya menjadi sebuah bisnis baru.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.