Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fakta tentang MIT, Universitas Terbaik Nomor 1 Dunia Versi QS WUR

KOMPAS.com - QS World University Rankings (WUR) telah merilis daftar pemeringkatan universitas terbaik dunia di tahun 2022. QS menilai dari pemeringkatan terhadap 1.300 universitas top dunia dan tahun ini hanya terjadi sedikit pergerakan di peringkat teratas.

Massachusetts Institute of Technology (MIT), University of Oxford dan Stanford University masih menjadi tiga besar universitas terbaik dunia.

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, Massachusetts Institute of Technology (MIT) terus menjadi universitas terbaik nomor satu dunia versi QS WUR dengan perolehan skor sempurna, yakni 100.

Lalu, apa hal yang menarik dan keistimewaan dari MIT sehingga mampu mencatatkan diri sebagai universitas terbaik di dunia?

Melansir laman Kelas Pintar, MIT merupakan institusi riset swasta yang berlokasi di kota Cambridge tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Bay di Boston, Amerika Serikat.

MIT tercatat memiliki 5 kampus dan 1 program kerja sama dengan World Hole Oceanographic Institution (WHOI), dan itu artinya MIT memiliki 32 departemen yang dikhususkan pada bidang Sains dan Teknologi.

Hingga saat ini, MIT menawarkan 44 gelar sarjana dengan berbagai kajian ilmu seperti Teknik Sipil, Arsitektur, Perencanaan Tata Kota, Teknik Mesin, Elektro, Metalurgi, Ilmu Komputer, Biologi, Rekayasa Biologi, Komputasi dan sistem biologi, Fisika, Aeronautics, Matematika, Sistem Rekayasa, Sains dan Teknologi Nuklir, Perhitungan Desain dan Optimasi, Ilmu Otak dan Kognitif, Operasi Research Centern, Antropologi, Linguistic , Ilmu kesehatan dan Teknologi, Politik, Sejarah hingga ekonomi bisnis.

Sementara untuk program pasca sarjana, MIT menawarkan program doktor komprehensif dengan berbagai gelar akademis seperti Master of Science (MSi), Doctor of Philosophy (PhD), Doctor of Science (ScD), Master Arsitek (March), Master Administrasi Bisnis (MBA), Master Perencanaan Kota (MCP), Master Engineering (M.Eng), Master Finance (Mfin), dan program pascasarjana interdisipliner seperti MD/Ph.D yang menjalin kerja sama dengan Harvard Medical School.

Berikut sejumlah fakta penting tentang MIT:

1. Terdepan dalam transformasi teknologi

MIT sangat menjunjung tinggi ide dan inovasi dari mahasiswanya dan mentransformasikannya menjadi sebuah bisnis baru.

Melalui program transfer teknologi yang dimilikinya, universitas ini memungkinkan para lulusannya mendirikan perusahaan-perusahaan dan mencetak peluang kerja baru.

Tercatat, di sepanjang 2011 saja ada lebih dari 600 paten yang lahir dari MIT mulai dari tinta digital, surel, nuklir, dan lainnya. Hal ini tentunya memperjelas posisi MIT sebagai universitas terdepan dalam bidang transformasi teknologi.

2. Menjunjung tinggi kesetaraan

MIT sangat menjunjung tinggi kesetaraan. Tidak hanya memberlakukan blind policy dalam proses pendaftaran, universitas ini juga sangat ketat dalam melihat dari kualifikasi dan kemampuan para calon mahasiswanya.

Proses penjaringan calon mahasiswa juga terbuka bagi pelajar internasional dan memberikan bantuan keuangan bagi seluruh mahasiswa yang kesulitan dalam keuangan.

3. Jejaring alumni yang kuat

Bagi seluruh universitas di dunia, alumni merupakan aset yang mampu mendongkrak popularitas institusi. Demikian juga dengan MIT, jejaring alumninya sangat kuat dan luas di berbagai penjuru dunia.

4. Universitas riset terbaik

Ide dan inovasi mahasiswa mampu ditransformasikan MIT dalam beragam riset mendalam mahasiswanya. Sehingga mampu menghasilkan hal-hal baru dalam pengembangan teknologi.

Beragam penemuan tersebut tentunya menjadi ladang bisnis baru dan mencetak lapangan pekerjaan. Inilah prinsip dan filosofi pendidikan yang diusung universitas ini.

Tidak hanya itu, hubungan erat industri dan penelitian telah membantu alumni MIT meluncurkan lebih dari 30.000 perusahaan aktif dengan menciptakan sekitar 4,6 juta pekerjaan dan menghasilkan sekitar USD 1,9 triliun setiap tahunnya.

5. Raihan prestasi mahasiswa

Beragam penelitian dari hasil inovasi mahasiswanya sudah tidak terhitung jumlahnya. Banyak jajaran alumninya yang berhasil mencatatkan prestasi dan ganjaran penghargaan bergengsi.

Di antaranya adalah memiliki 81 pemenang nobel, 52 ilmuwan peraih National Medal of Science, 45 orang peraih Rhodes Scholars, 38 orang meraih MacArthur Fellows dan 59 anggota dari komunitas Massachusetts Institute of Technology telah meraih penghargaan Nobel.

Dengan banyaknya prestasi yang diraih, membuktikan bahwa Massachusetts Institute of Technology (MIT) merupakan perguruan tinggi ternama dan terbaik di dunia.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/10/13/101442771/5-fakta-tentang-mit-universitas-terbaik-nomor-1-dunia-versi-qs-wur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke