Kompas.com - 08/10/2021, 16:25 WIB
Ketiga Guru Besar Tetap UNJ dikukuhkan secara luring pada Kamis, 7 Oktober 2021, di Gedung Dewi Sartika, Kampus A UNJ, Jakarta dengan protokol kesehatan ketat dan juga pararel disiarkan daring melalui YouTube Edura TV. DOK. UNJKetiga Guru Besar Tetap UNJ dikukuhkan secara luring pada Kamis, 7 Oktober 2021, di Gedung Dewi Sartika, Kampus A UNJ, Jakarta dengan protokol kesehatan ketat dan juga pararel disiarkan daring melalui YouTube Edura TV.

KOMPAS.com - Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta mengukuhkan tiga Guru Besar untuk bidang Ilmu Manajemen Pembelajaran Kimia, Ilmu Biokimia, dan Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini.

Ketiga Guru Besar Tetap UNJ dikukuhkan secara luring pada Kamis, 7 Oktober 2021, di Gedung Dewi Sartika, Kampus A UNJ, Jakarta dengan protokol kesehatan ketat dan juga pararel disiarkan daring melalui YouTube Edura TV.

Tiga Guru Besar yang dikukuhkan adalah:

  • Prof. Ucu Cahyana, Guru Besar bidang Ilmu Manajemen Pembelajaran Kimia
  • Prof. Muktiningsih, Guru Besar bidang Ilmu Biokimia
  • Prof. Edwita, Guru Besar bidang Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini

Rektor UNJ, Prof. Komarudin selain memberikan selamat kepada tiga Guru Besar baru juga berharap pengukuhan ini menjadi penyemangat bagi para Guru Besar untuk terus berkarya.

"Semoga dengan pengukuhan ini dapat memberikan motivasi dan spirit untuk terus berkarya, berkontribusi, memberi manfaat bagi UNJ, masyarakat, bangsa, dan negara. Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada keluarga, kolega, guru, dan mitra para Guru Besar yang dikukuhkan hari ini," ujar Prof. Komarudin.

Baca juga: UNJ Kukuhkan Tiga Guru Besar Ilmu Ekonomi dan Manajemen

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mobile learning dan literasi sains

Prof. Ucu Cahyana, dalam orasi Ilmiah berjudul “Integrasi Framework Pedagogi pada Mobile Learning dalam Manajemen Pembelajaran: Alternatif Meningkatkan Literasi Sains” memberikan sumbangan pemikiran pentingnya penguasaan dan peningkatan literasi sains bagi siswa.

Peningkatan literasi sains siswa, menurut Prof. Ucu, dapat dilakukan melalui integrasi framework pedagogi pada mobile learning dalam manajemen pembelajaran.

Menurut Prof. Ucu Cahyana, terdapat tiga alasan utama pentingnya, yaitu:

  • Orientasi baru pendidikan ke depan akan sangat dipengaruhi oleh pengembangan pembelajaran berbasis teknologi digital;
  • Pemanfaatan mobile learning dalam pembelajaran sains, tidak akan berjalan efektif dan efisien, bila tidak didukung oleh framework pedagogi yang jelas dan sistem tata Kelola pendidikan yang baik;
  • Kebijakan pemerintah dalam pengembangan digitalisasi pendidikan harus didukung berbagai kajian dan penelitian tentang bagaimana pemanfaatan teknologi digital dalam bidang pendidikan dapat terimplementasikan dengan baik, salah satunya adalah pemanfaatan teknologi mobile learning dalam proses pembelajaran sains di sekolah.

Prof. Ucu menegaskan, teknologi mobile learning hanya dapat terimplementasi dengan baik, dengan sinkronisasi dan sinergi antara kebijakan makro di tingkat nasional dan kebijakan mikro di tingkat sekolah.

Membangun kemandirian pangan

Prof. Muktiningsih, pada orasinya mengetengahkan orasi ilmiah berjudul “Potensi Kit Pendeteksi Bakteri Penyebab Keracunan Pangan dalam Memperkuat Kemandirian Bangsa”.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.