Kompas.com - 05/10/2021, 17:04 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate pada COMNEWS (Conference on Communication and New Media Studies) gelaran Universitas Multimedia Nusantara (UMN) secara daring, Selasa (5/10/2021).  Tangkapan layar Zoom Universitas Multimedia Nusantara (UMN)Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate pada COMNEWS (Conference on Communication and New Media Studies) gelaran Universitas Multimedia Nusantara (UMN) secara daring, Selasa (5/10/2021).
|

KOMPAS.com - Saat ini, Indonesia memiliki kekuatan besar terutama dari segi digital. Sebab pada Januari 2021, Indonesia memiliki kekuatan demografis dengan 202,6 juta pengguna internet.

Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate pada COMNEWS (Conference on Communication and New Media Studies) gelaran Universitas Multimedia Nusantara (UMN) secara daring, Selasa (5/10/2021).

Menurut Menkominfo, untuk memastikan kesiapan digital bagi jutaan warga Indonesia, pemerintah fokus pada pembangunan besar-besaran di infrastruktur digital.

Baca juga: Kominfo-DQLab UMN Buka Pelatihan Data Science Gratis untuk Umum

Tak hanya itu saja, pemerintah juga terus membangun infrastruktur digital di seluruh Indonesia serta menyiapkan Undang-Undang.

"Kementerian Komunikasi dan Informatika juga terus membangun infrastruktur digital di seluruh Indonesia, di pedesaan dan daerah tertinggal," terang Johnny.

Selain mengembangkan infrastruktur, pihaknya juga fokus pada bagaimana mengatur tata kelola aturan hukum digital yang baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut, Menkominfo mengatakan bahwa pemerintah sedang mengejar target 83.000 desa terkoneksi 4G.

Timbulkan tantangan dalam komunikasi digital

Dalam sambutan pembuka, Rektor UMN Ninok Leksono menyatakan bahwa tantangan komunikasi digital di masa pandemi akan menguji infrastruktur komunikasi digital.

Hanya saja, perkembangan teknologi khususnya media baru telah mendisrupsi kedigdayaan media lama. Hal itu tentu berdampak pada aspek sosial budaya dari komunikasi.

"Tentu dampaknya tidak hanya bagaimana masyarakat mengonsumsi media, melainkan juga bagaimana masyarakat berkomunikasi. Pandemi ini menimbulkan tantangan-tantangan dalam komunikasi digital," ungkap Ninok.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.