Kompas.com - 07/09/2021, 15:50 WIB
Mendikbud Ristek Nadiem saat menutup gelaran Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2021 pada Sabtu, 4 September 2021. DOK. PUSPRESNASMendikbud Ristek Nadiem saat menutup gelaran Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2021 pada Sabtu, 4 September 2021.

KOMPAS.com - Berbagai ajang kompetisi dan lomba yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah menghasilkan 2.309 talenta siswa berprestasi di tingkat nasional dan 68 raihan penghargaan di kancah internasional.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan prestasi para pelajar Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia di panggung internasional membuat pemerintah bangga dan termotivasi untuk bekerja dan terus mendedikasikan waktu untuk negara.

“Ini suatu hari yang sangat membahagiakan untuk saya karena di masa yang sangat sulit ini, kita masih bisa terinspirasi berkat adik-adik semua terutama yang sedang bincang-bincang hari ini. Ini luar biasa untuk bisa mencapai prestasi di tengah masa yang penuh tantangan seperti ini,” ujar Menteri Nadiem membuka bincang-bincang secara daring, Minggu (5/9/2021), seperti dilansir dari laman Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka, Simak Durasi Belajar Jenjang PAUD, SD-SMA

Sebagai bentuk penghargaan kepada mereka, Nadiem mengajak enam siswa berprestasi untuk berbincang dan berbagi inspirasi agar tetap berprestasi.

Kiat Nadiem agar sukses di usia muda

Dalam bincang-bincang yang ditayangkan pada kanal Youtube Kemendikbud RI, Zaid Naufal, peraih juara dan pemain terbaik pada Gala Siswa Indonesia tahun 2020 bertanya kiat-kiat menjadi orang sukses di usia muda.

“Mas Menteri, kira-kira apa yang harus kami lakukan agar kami bisa sukses di usia muda dan terus berprestasi seperti Mas Menteri,” ujar siswa SMP Negeri 2 Tidore ini.

Menjawab pertanyaan tersebut, Nadiem berpesan kepada para siswa untuk selalu otentik, selalu mengikuti potensi yang ada dalam diri.

“Kita harus menekuni passion kita, hobi kita, saya yakin akan berprestasi di dalam bidang tersebut,” ujar Menteri Nadiem.

Baca juga: Beasiswa 2021 untuk Siswa SD-SMP-SMA, Beri Bantuan Biaya Sekolah

Selain itu, Nadiem menyebut ada tiga hal yang menurutnya harus dilakukan. Pertama, memiliki komunitas yang memicu untuk berprestasi.

“Cari teman-teman yang sama-sama berambisi untuk menciptakan sesuatu atau mencapai prestasi di bidangnya,” ungkap Nadiem.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.