Kompas.com - 06/09/2021, 11:36 WIB
Sejumlah siswa kelas 10 SMKN 32 Tebet, Jakarta menjalani Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas pada Senin (30/8/2021) pagi. KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJOSejumlah siswa kelas 10 SMKN 32 Tebet, Jakarta menjalani Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas pada Senin (30/8/2021) pagi.

KOMPAS.com - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah dilaksanakan di 610 sekolah di DKI Jakarta dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan LKP.

Sejumlah wilayah lain dengan PPKM level 1-3 juga direkomendasikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk segera menggelar PTM terbatas guna menghindari potensi learning loss.

Meski begitu, durasi belajar dan jadwal ke sekolah tidak seperti sebelum pandemi Covid-19.

Menurut Kepala Disdik DKI Jakarta, Nahdiana, pemberlakuan PTM Terbatas ini sesuai Keputusan Bersama Mendikbud Ristek, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri.

Baca juga: Mendikbud Nadiem soal Pengganti UN 2021: Tidak Perlu Bimbel Khusus

"PTM Terbatas Tahap 1 di Provinsi DKI Jakarta akan digelar dengan kapasitas 50 persen pada setiap satuan pendidikan," ujarnya seperti dikutip dari laman Disdik DKI Jakarta, Jumat (27/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, untuk jenjang PAUD, SDLB, MILB, SMPLB, SMALB, dan MALB maksimal 5 peserta didik per kelas, dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter.

Adapun pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, karena untuk PAUD dan SLB masih sangat membutuhkan pendampingan dari orang tua.

Dijelaskan, seluruh pendidik dan tenaga kependidikan wajib sudah vaksinasi lengkap bagi sekolah yang melaksanakan PTM Terbatas ini.

Sementara itu, terkait waktu pembelajaran sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta No 822 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Satuan Pendidikan di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Merangkum laman Instagram Disdik DKI, berikut durasi dan jadwal PTM terbatas di DKI Jakarta:

Baca juga: Targetkan 17,9 Juta Siswa, Ini Cara Daftar KIP Sekolah SD-SMA 2021

Jenjang PAUD

  • Maksimal 30 menit x 2: 60 menit, 1 kali per minggu

Jenjang SD

  • Maksimal 35 menit x 3: 105 menit, 1 kali per minggu

Jenjang SMP

  • Maksimal 35 menit x 4: 140 menit, 1 kali per minggu

Jenjang SMA/SMK

  • Maksimal 35 menit x 5: 175 menit, 1 kali per minggu
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.