Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Tatap Muka, Simak Durasi Belajar Jenjang PAUD, SD-SMA

Kompas.com - 06/09/2021, 11:36 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah dilaksanakan di 610 sekolah di DKI Jakarta dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan LKP.

Sejumlah wilayah lain dengan PPKM level 1-3 juga direkomendasikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk segera menggelar PTM terbatas guna menghindari potensi learning loss.

Meski begitu, durasi belajar dan jadwal ke sekolah tidak seperti sebelum pandemi Covid-19.

Menurut Kepala Disdik DKI Jakarta, Nahdiana, pemberlakuan PTM Terbatas ini sesuai Keputusan Bersama Mendikbud Ristek, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri.

Baca juga: Mendikbud Nadiem soal Pengganti UN 2021: Tidak Perlu Bimbel Khusus

"PTM Terbatas Tahap 1 di Provinsi DKI Jakarta akan digelar dengan kapasitas 50 persen pada setiap satuan pendidikan," ujarnya seperti dikutip dari laman Disdik DKI Jakarta, Jumat (27/8/2021).

Namun, untuk jenjang PAUD, SDLB, MILB, SMPLB, SMALB, dan MALB maksimal 5 peserta didik per kelas, dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter.

Adapun pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, karena untuk PAUD dan SLB masih sangat membutuhkan pendampingan dari orang tua.

Dijelaskan, seluruh pendidik dan tenaga kependidikan wajib sudah vaksinasi lengkap bagi sekolah yang melaksanakan PTM Terbatas ini.

Sementara itu, terkait waktu pembelajaran sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta No 822 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Satuan Pendidikan di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Merangkum laman Instagram Disdik DKI, berikut durasi dan jadwal PTM terbatas di DKI Jakarta:

Baca juga: Targetkan 17,9 Juta Siswa, Ini Cara Daftar KIP Sekolah SD-SMA 2021

Jenjang PAUD

  • Maksimal 30 menit x 2: 60 menit, 1 kali per minggu

Jenjang SD

  • Maksimal 35 menit x 3: 105 menit, 1 kali per minggu

Jenjang SMP

  • Maksimal 35 menit x 4: 140 menit, 1 kali per minggu

Jenjang SMA/SMK

  • Maksimal 35 menit x 5: 175 menit, 1 kali per minggu
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com