Kompas.com - 07/09/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi blueberry penghasil warna biru dan ungu. SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGESIlustrasi blueberry penghasil warna biru dan ungu.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Saat sekolah ataupun kuliah, kita pasti membutuhkan konsentrasi untuk menerima materi yang disampaikan guru atau dosen.

Agar kita mudah berkonsentrasi dan fokus saat belajar, tentu harus didukung dengan asupan makanan yang baik.

Ternyata ada lho beberapa jenis makanan yang bisa membuat otak makin pintar. Melansir dari laman Ruang Guru, Senin (6/9/2021), paling tidak ada 5 jenis makanan yang bisa membantu kinerja otak lebih maksimal.

Penasaran apa saja sih makanan tersebut? Simak informasi berikut ini.

Baca juga: Kuliah Umum Unpad: Penggemar K-Pop Pembentuk Budaya Partisipatif

1. Blueberry

Buah mungil yang sering disebut ‘brainberries’ oleh beberapa pakar kesehatan adalah salah satu makanan yang terbaik untuk otak.

Berdasarkan penelitian dari Readings University di Inggris, kandungan antioksidannya yang tinggi dapat melindungi otak dari stres oksidatif. Selain itu, blueberry juga bisa bermanfaat meningkatkan kemampuan daya ingat dan merangsang fungsi neuron motorik otak.

Serat blueberry yang tinggi serta kadar gulanya yang rendah membuat buah ini juga aman dikonsumsi penderita diabetes dan tidak membuat lonjakan kadar gula dalam darah.

2. Alpukat

Buah ini cukup populer di Indonesia dan sudah dikenal dengan manfaatnya yang sangat bagus untuk kesehatan.

Baca juga: Mahasiswa UM Surabaya Olah Daun Kelor Jadi Puding bagi Penderita Diabetes

Ternyata alpukat juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk otak. Omega 3 dan vitamin E yang secara alami terdapat dalam buah alpukat terbukti secara klinis meningkatkan daya ingat dan mengurangi risiko terkena demensia dan alzheimer.

Buah alpukat juga membantu darah beredar lebih baik ke otak, sehingga dapat mengoptimalkan fungsi otak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.