Kompas.com - 06/09/2021, 15:02 WIB
Gerbang masuk kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes). dok unnes.ac.idGerbang masuk kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes).
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) sedang menyiapkan kuliah tatap muka secara terbatas pada tahun akademik 2021-2022.

Hal itu mengingat Kota Semarang telah telah memasuki PPKM Level 3 dan telah mengizinkan digelar bagi sekolah yang sudah terverifikasi dari Dinas Pendidikan.

Baca juga: ITB Buka Kuliah Tatap Muka dengan Persiapan Matang

"Untuk itu Unnes perlu menyiapkan uji coba pembelajaran kuliah tatap muka secara terbatas, karena penyiapan tatap muka terbatas lebih sulit dari pada pembelajaran daring," kata Rektor Unnes, Prof. Fathur melansir laman Unnes, Senin (6/9/2021).

Dia menyebut, nantinya teknik perkuliahan juga diatur dengan sistem hybrid, antara daring dan luring.

Dengan begitu tidak sampai terjadi kerumunan, bahkan untuk protokol kesehatan menggunakan standar yang sangat ketat.

Maka dari itu, setiap fakultas harus menyiapkan proses kuliah tatap muka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Setiap mahasiswa maupun dosen dan tenaga kependidikan harus meneaati standar protokol kesehatan secara ketat yang diterapkan," jelas dia.

Salah satu yang telah diamanatkan adalah Fakultas Teknik. Hal itu diungkapkan Rektor Fathur saat menjadi pembina apel di Fakultas Teknik Unnes pada pagi tadi.

Baca juga: Nadiem Makarim Dorong Cepat Perguruan Tinggi Buka PTM Terbatas

Fathur juga menyampaikan pentingnya mengakselerasi capaian indikator kinerja utama (IKU) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Hal itu, sambung dia, hanya bisa terlaksana jika seluruh sivitas akademika memiliki misi yang sejalan, saling mendukung, dan menguatkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.