Kompas.com - 03/09/2021, 16:43 WIB
Ilustrasi kampus ITB. DOC.Kemahasiswaan ITBIlustrasi kampus ITB.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Jaka Sembiring memberikan pernyataan mengenai kemungkinan kuliah tatap muka di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Menurut dia, persiapan kampus ITB dibuka itu sudah dilakukan sejak tahun lalu, mulai dari pembukaan kuliah hibrida di kampus Jatinangor.

Baca juga: Nadiem Makarim Dorong Cepat Perguruan Tinggi Buka PTM Terbatas

"Namun sayangnya, setelah 10 hari pelaksanaan pelaksanaan percobaan kuliah hibrida itu dilaksanakan, kebijakan PPKM diterapkan sehingga kegiatan tersebut diberhentikan," kata dia melansir laman ITB, Jumat (3/9/2021).

Dia menambahkan, sudah ada informasi dari Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek untuk dapat segera membuka kelas kuliah tatap muka, tetapi tentu dengan mempertimbangkan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah setempat.

"Kami membuka kampus itu tidak dengan gegabah, apalagi melibatkan ribuan mahasiswa dan dosen. Hal ini dilakukan secara rinci dan bertahap," jelas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara untuk tugas akhir, disertasi, dan tesis sudah mendapatkan izin untuk melaksanakan di dalam kampus.

Untuk kemungkinan pembukaan kampus secara hibrida, karena tidak mungkin luring secara total, maka pendataan sudah mulai dilakukan oleh ITB mengenai mata kuliah ataupun kegiatan yang perlu menjadi prioritas.

Contoh kegiatan yang perlu diperhatikan adalah yang bersifat experience learning, seperti praktikum, studio, dan kuliah lapangan.

"Kami sarankan satu mata kuliah untuk setiap angkatan dan untuk setiap prodi. Itu yang kami sarankan, minimal," ucap dia.

Dia menyebut, setelah pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) jika keadaan membaik, maka akan mulai dilakukan penyesuaian-penyesuaian kegiatan akademik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.