Kompas.com - 30/08/2021, 11:19 WIB
Ilustrasi kelinci peliharaan. PIXABAY/ONKEL RAMIREZIlustrasi kelinci peliharaan.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dalam menghadapi pandemi Covid-19, semua lapisan masyarakat termasuk mahasiswa diajak agar bisa beradaptasi dengan kondisi ini.

Termasuk penyesuaian metode pembelajaran selama pandemi. Namun demikian, para mahasiswa juga tak berhenti berinovasi selama pandemi.

Mereka tetap menciptakan inovasi-inovasi baru yang bisa menjadi solusi permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, mahasiswa diharapkan tetap dapat memunculkan gagasan inovasi baru pemberi solusi.

Baca juga: 16 Artis Indonesia Lulusan UI, Ada Nicholas Saputra

Ciptakan pelet kelinci dari bahan rumen sapi

Seperti inovasi yang dilakukan para mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) yaitu Arlieza Rizki, Ery Vio Verawati dan Rozaan Rofie’ Iskani. Penelitian ini dilaksanakan bimbingan Kuswati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka membuat sebuah produk pakan pelet kelinci berbahan dasar limbah rumen. Rumen adalah salah satu bagian lambung ternak ruminansia atau hewan memamah biak seperti sapi, kerbau, kambing dan domba.

Baca juga: Lulus S1 dan S2 Lebih Cepat, Ikuti Program Fast Track UI

 

Rumen terdiri dari bahan pakan yang biasanya dimakan oleh ternak yang berupa rumput atau hijauan lainnya, dan pakan penguat (konsentrat).

Arlieza menerangkan, inovasi ini dilatarbelakangi karena tingginya harga pakan di pasaran karena bahan-bahan yang digunakan. Karena adanya permasalahan ini sehingga perlu adanya penerapan inovasi agar dapat menekan biaya produksi.

"HERBI Feed merupakan produk pakan lengkap untuk kelinci pedaging yang disubtitusi dengan isi rumen sapi dari limbah Rumah Potong Hewan sebagai alternatif pengganti sumber serat kasar," kata Arlieza seperti dikutip dari laman Universitas Brawijaya, Minggu (29/8/2021).

Baca juga: Sekolah Perhatikan 5 Kunci Pelaksanaan PTM Terbatas

Manfaatkan limbah isi rumen

Menurut Arlieza, kandungan nutrisi yang masih tinggi pada limbah isi rumen sangat berpotensi sebagai bahan pakan terutama sebagai sumber serat.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.