Kompas.com - 27/08/2021, 06:41 WIB
Ilustrasi perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi perguruan tinggi
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak sekali perguruan tinggi negeri maupun swasta yang bisa dipilih untuk melanjutkan pendidikan.

Sebagian besar, calon mahasiswa memilih melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri dengan salah satu pertimbangan biaya kuliah yang terjangkau.

Namun dari sekian banyak universitas di Indonesia, ada beberapa kampus yang memiliki biaya pendidikan relatif mahal. Meski harus merogoh kocek banyak untuk masuk ke universitas ini, namun para mahasiswanya akan mendapatkan fasilitas dan kurikulum terbaik.

Dilansir dari salah satu platform edukasi di Instagram @campuspedia, Kamis (26/8/2021), ada 5 universitas di Indonesia yang menjadi kampus termahal. Yuk simak bersama informasi berikut ini.

Baca juga: Lulus S1 dan S2 Lebih Cepat, Ikuti Program Fast Track UI

1. Presiden University

Berdiri pada 2001, Presiden University (PU) merupakan milik dari Jababeka Industry. Selain pendidikan berkurikulum internasiona, para mahasiswa kampus PU juga mendapat fasilitas seperti President Executive Club, Jababeka GOld and Country Club, kolam renang, lapangan tenis, lapangan sepak bola, basket dan fasilitas lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk biaya pendaftaran, PU mematok $ 7.500 atau setara Rp 97 juta, per semesternya mahasiswa harus membayar kurang lebih sebesar Rp 25 juta hingga Rp 30 juta.

2. Swiss German University

Berlokasi di BSD Tangerang, kampus ini memiliki prodi seperti teknik mekatronika, teknik industri, teknologi informasi, administrasi bisnis internasional, manajemen hotel dan pariwisata, akuntansi dan lain-lain. Kampus ini juga menyediakan fasilitas lengkap.

Untuk tahun angkatan 2020/2021 biaya masuk Swiss German University sebesar Rp 58,5 juta serta Rp 27 juta hingga Rp 30 juta per semesternya untuk jenjang S1.

Baca juga: Ciptakan Masker Ramah Lingkungan, Tim ITB Juara 3M Inspire Challenge

3. Universitas Pelita Harapan

Berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Pelita Harapan yang didirikan James Riady, UPH menjadi salah satu kampus termahal di Indonesia.

Kampus ini berada di Tangerang. UPH kini membuka program Sarjana dan Pascasarjana dan kelas dengan bahasa pengantar menggunakan Bahasa Inggris dan program pendidikan jarak jauh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.