Kompas.com - 28/08/2021, 10:31 WIB
Siswa SDN 131 Kota Jambi sedang belajar tatap muka terbatas di dalam kelas. DOK. TANOTO FOUNDATIONSiswa SDN 131 Kota Jambi sedang belajar tatap muka terbatas di dalam kelas.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2021, pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dapat dilakukan pada satuan pendidikan di wilayah PPKM level 1-3.

Kebijakan ini juga telah disampaikan secara resmi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nadiem Makarim.

Pelaksanaan PTM terbatas di PPKM level 1-3 ini bisa dilakukan dengan syarat ketat. Selain itu baik pihak sekolah dan orangtua wajib mengetahui aturan selama tatap muka.

Orangtua juga bisa memberi izin bagi anak untuk tetap belajar secara daring bila situasi dirasa belum stabil.

Baca juga: Pakar Unair Ungkap Alasan Seseorang Memilih Childfree

Dilansir dari akun Instagram resmi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Sabtu (28/8/2021), ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam pelaksanaan PTM terbatas ini.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi menyatakan, kepala sekolah dan Dinas Pendidikan kabupaten/kota harus menyiapkan 2 rumus, yakni.

"Tentu harus dengan izin orang tua," kata Dedi Supandi seperti dikutip dari Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat, Sabtu (28/8/2021).

Kunci sukses pelaksanaan PTM terbatas

Ada 5 Kunci Pelaksanaan PTM Terbatas, yuk simak bersama informasi berikut ini:

Berdasarkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terbaru, PTM terbatas dapat dilakukan pada satuan pendidikan di wilayah PPKM level 1-3.

Baca juga: Lulus S1 dan S2 Lebih Cepat, Ikuti Program Fast Track UI

1. Memperhatikan jaga jarak dan jumlah siswa

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.