Kompas.com - 28/08/2021, 07:42 WIB
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim saat membuka webinar. DOK. Youtube KemendikbudMendikbud Ristek Nadiem Makarim saat membuka webinar.

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim kembali memberikan kelonggaran bagi perguruan tinggi untuk tatap muka.

Kali ini, Nadiem merestui kampus bisa membuka tatap muka namun berlaku hanya untuk wilayah yang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berada di Level 1-3.

Sebelumnya, pihak Kemendikbud Ristek mengizinkan sekolah bisa tatap muka namun hanya berlaku bagi sekolah yang berada di PPKM level 1-3 saja.

Namun dengan syarat ketat, dan baik pihak sekolah dan orangtua wajib mengetahui aturan selama tatap muka. Orangtua juga bisa memberi izin bagi anak untuk tetap belajar secara daring bila situasi dirasa belum stabil. 

Baca juga: Mahasiswa Bisa Dapat Bantuan UKT Rp 2,4 Juta Kemendikbud Ristek, Ini Syaratnya

Nadiem menyatakan pelaksanaan kuliah tatap muka secara terbatas di perguruan tinggi harus menerapkan protokol kesehatan ketat sesuai SKB Empat Menteri.

"Kuncinya mengikuti SKB Empat Menteri, maka perguruan tinggi di wilayah PPKM Level 1-3 diperbolehkan mengadakan PTM terbatas. Tetap ada aturan main yang berlaku, ada berbagai prokes yang tetap harus dilaksanakan," kata Nadiem dalam webinar Efektivitas Pendidikan Tinggi dengan PTM Terbatas dan Bantuan UKT Kuliah, dilansir dari laman Youtube.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nadiem mengatakan, kedisiplinan mahasiswa menjadi kunci berlangsungnya PTM terbatas di kampus.

Nadiem juga menegaskan, kampus yang berada di wilayah PPKM 4 tidak tergesa-gesa membuka opsi tatap muka. Sehingga, semua perkuliahan mahasiswa tetap dilaksanakan secara daring atau online. 

"Poin terpenting adalah disiplin pada prokes, karena kalau ini (kampus) jadi klaster, bisa jadi kuliah tatap muka batal, karena terbukti tidak disiplin. Kalau mahasiswa ingin melaksanakan kuliah tatap muka, ini ada di tangan mahasiswa," kata Nadiem.

Nadiem menjelaskan, sejumlah bentuk kedisiplinan mahasiswa dalam melaksanakan kuliah tatap muka terbatas.

Baca juga: 9 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja, Mahasiswa Wajib Tahu

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.