Kompas.com - 22/08/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi membacakan buku evgenyatamanenkoIlustrasi membacakan buku

KOMPAS.com - Penggunaan gawai atau gadget menjadi cukup umum untuk mengajarkan anak-anak belajar membaca, berhitung seraya bermain. Bahkan, beberapa anak-anak justru lebih asyik belajar dalam bentuk permainan.

Padahal, banyak juga aktivitas lain yang bisa dipilih anak melalui gadget. Dilansir dari instagram Direktorat Paud Kemendikbud Ristek di @paudpedia, salah satu aktivitas yang bisa dilakukan anak-anak, salah satunya ialah membaca buku digital.

Saat ini memang banyak buku yang bisa diakses melalui gadget. Namun, penggunaan gadget kadang kala kalau tidak diawasi juga berpotensi membuat anak memilih menghabiskan waktu lebih banyak ke aktivitas lain selain membaca cerita.

Baca juga: Cara Memilih Mainan Anak PAUD untuk Dorong Perkembangan Motorik

Di sisi lain, upaya menumbuhkan minat baca anak bukan berarti mereka didorong untuk mampu membaca buku setiap hari layaknya orang dewasa.

Orangtua bisa mengawali proses pembelajaran dengan terlebih dahulu membangun kecintaannya terhadap buku melalui berbagai cara yang menyenangkan, dan akhirnya mendorong mereka untuk membaca buku tersebut.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan orangtua agar anak bisa menyukai aktivitas membaca buku:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Ciptakan lingkungan yang kaya akan keaksaraan dengan cara menyediakan tempat bermain yang nyaman bagi anak. Lengkapi dengan ragam media yang kaya akan teks dan gambar

2. Menjadi model bagi anak. Orang tua yang gemar membaca buku menjadi teladan dan merupakan bentuk usaha agar bisa mendorong anak tertarik terhadap buku.

3. Bacakan buku dengan ekspresi dan intonasi yang tepat agar memancing rasa ingin tahu tentang isi buku

4. Sediakan buku yang menarik. Anak-anak cenderung menyukai buku dengan warna dan gambar yang bervariasi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.