Kompas.com - 22/08/2021, 10:34 WIB

KOMPAS.com - Tak hanya unggul lewat Drama Korea atau Kpop, Korea Selatan juga memiliki sistem pendidikan terbaik di kawasan Asia, bahkan Seoul National University menempati peringkat 36 sebagai universitas terbaik dunia versi QS WUR 2022.

Menariknya, setiap tahun pemerintah Korea Selatan, pemerintah Indonesia, dan sejumlah lembaga beasiswa membuka peluang beasiswa bagi pelajar internasional, termasuk Indonesia, untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Negeri Ginseng.

Merangkum laman Quipper Campus, Minggu (22/8/2021), secara umum ada beberapa jenis beasiswa yang bisa kamu coba untuk bisa kuliah di Korea Selatan.

Selain dari pemerintah, kamu juga bisa mendaftar beasiswa langsung ke universitas di Korea yang menyediakan beasiswa. Beberapa beasiswa yang bisa membantu meringankan biaya kuliah di Korea.

Baca juga: Pelatihan Bahasa Korea Gratis Korea Foundation 2022, Tunjangan Rp 12,6 Juta Per Bulan

Dengan mengetahui ragam beasiswa, kamu bisa mulai mencari tanggal pendaftaran untuk kuliah di tahun 2022-2023 sekaligus mempersiapkan diri dan syarat dokumen dari sekarang.

1. Korean Goverment Scholarship Program (KGSP)

Beasiswa Korean Government Scholarship Program (KGSP) adalah beasiswa penuh dari pemerintah Korea Selatan untuk para pelajar internasional.

Kabar baiknya, KGSP ini menyediakan beasiswa mulai jenjang associate degree (D2), S1, S2, dan S3.

Beasiswa antara lain mencakup biaya kuliah, tiket pesawat, tunjangan bulanan, tunjangan penelitian, biaya pelatihan bahasa Korea, dan asuransi kesehatan.

2. The Korea International Cooperation Agency (KOICA) Scholarship Program

Korea International Cooperation Agency (KOICA) memberikan beasiswa bagi pegawai pemerintah dari negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Ada Kampus Kamu?

Beasiswa ditujukan bagi mereka yang ingin melakukan studi pascasarjana di Korea untuk bidang-bidang yang berkaitan dengan pembangunan.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.