Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Negara Terbaik untuk Kuliah di Asia 2021, Indonesia Salah Satunya

Kompas.com - 22/08/2021, 11:52 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat bila kuliah di luar negeri. Selain berkesempatan mendapatkan pendidikan terbaik di suatu negara dan mampu berbahasa asing lebih baik lagi, kamu juga akan belajar hidup mandiri, bersosialisasi dengan banyak orang baru, hingga berkesempatan membangun karier di luar negeri.

Bila tak ingin jauh-jauh ke Eropa, ada sejumlah negara di kawasan Asia yang memiliki sistem pendidikan terbaik. Selain itu, budaya Asia yang cenderung tak jauh berbeda, begitu juga dengan iklimnya, membuat proses adaptasi bisa menjadi lebih mudah.

Berdasarkan survei yang dilakukan Educations.com kepada lebih dari 2.700 pelajar internasional, rata-rata pelajar ternyata memilih negara terlebih dahulu ketimbang universitas atau program studi.

Baca juga: Ingin Kuliah di Korea Selatan? Ada 10 Beasiswa yang Bisa Kamu Ikuti

Bila kamu termasuk pelajar yang lebih dulu mempertimbangkan negara untuk kuliah di luar negeri, Educations.com merilis daftar negara-negara terbaik untuk kuliah di Asia di tahun 2021.

Pemeringkatan tersebut dilakukan berdasar kemudahan akses dalam mendapatkan 7 hal berikut:

1. Mengakses pengajaran berkualitas yang lebih baik.

2. Mencapai tujuan karier.

3. Mengembangkan diri secara pribadi.

4. Mempelajari budaya atau gaya hidup baru.

5. Memiliki petualangan.

6. Mempelajari bahasa baru.

7. Mendapatkan teman baru atau memperluas jaringan profesional.

Baca juga: Suka Duka Kuliah di Inggris, Tak Melulu Seindah Feeds Instagram

1. Singapura

Banyaknya budaya yang ada di Singapura membuat negara ini menjadi tempat terbaik untuk belajar di luar negeri, terlebih di Asia, karena penduduknya yang ramah terhadap ekspatriat.

Berkat komunitas ekspatnya, Singapura sangat menghargai kemampuan pelajar internasional untuk mendapatkan teman baru dan memperluas jaringan profesional. Bahkan, Singapura menempati peringkat 1 di dunia untuk membantu orang mencapai tujuan karier mereka.

Singapura memiliki empat bahasa resmi, yaitu Inggris, Mandarin, Melayu, dan Tamil, yang menunjukkan betapa beragamnya budaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com