Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER EDUKASI] Jurusan Kuliah Ini Punya Potensi Gaji Besar | Lowongan Kerja Perusahaan BUMN | Sekolah Wilayah PPKM Level 1-3 Boleh PTM Terbatas

Kompas.com - 16/08/2021, 19:54 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Artikel mengenai 10 jurusan kuliah dengan potensi gaji besar banyak dibaca oleh pembaca kanal edukasi Kompas.com.

Hasilnya, artikel itu berada di posisi pertama yang paling banyak dibaca.

Selain artikel itu, artikel lowongan pekerjaan bagi lulusan D3, S1 dan S2 di sebuah BUMN menjadi paling banyak dibaca yang kedua.

Sedangkan peringkat ketiga populer edukasi, yakni artikel terkait kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang memperbolehkan pertemuan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Wilayah PPKM level 1 dan 3.

Berikut tiga berita populer edukasi sepanjang Jumat (6/8/2021) sampai Senin (16/8/2021):

Ilustrasi jurusan kuliah yang sedang tren dan memiliki potensi gaji besarDOK. Humas Universitas Nusa Mandiri Ilustrasi jurusan kuliah yang sedang tren dan memiliki potensi gaji besar

1. Ini 10 Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar yang Sedang Tren di Indonesia

Siswa sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK) yang mulai duduk di kelas XII kerap bimbang saat harus menentukan jurusan kuliah.

Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, mulai dari biaya kuliah, peluang diterima di jurusan tertentu, minat dan bakat, sampai rekomendasi dari guru dan orangtua.

Terkadang, jurusan yang diinginkan siswa tidak selaras dengan keinginan orangtua atau bakat dan minat pribadinya.

Hal ini menyebabkan banyak siswa semakin bingung untuk memilih jurusan.

Terlepas dari perkara-perkara tersebut, semua orang yang menuntut pendidikan tinggi tentu berharap dapat hidup nyaman dengan karier yang mapan pada masa depan.

Untuk itu, jurusan dengan potensi gaji besar juga dapat dijadikan sebagai pertimbangan sebelum mendaftarkan diri ke perguruan tinggi.

Berikut daftar jurusan kuliah dengan potensi gaji besar yang sedang tren di Indonesia, dilansir dari keterangan pers resmi Universitas Nusa Mandiri (UNM).

Sains data menjadi profesi dengan gaji pada kisaran Rp 15.000.000 sampai Rp 40.000.000.

Cukup fantastis, bukan? Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan Sains Data, di antaranya adalah Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).

Untuk membaca lebih lengkap tentang artikel ini bisa dari sini.

Tampilan layar website PT Varuna Tirta Prakasya (Persero).DOK. Varuna Tirta Prakasya Tampilan layar website PT Varuna Tirta Prakasya (Persero).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com