Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud Ristek: Hati-hati Info Hoaks Bantuan Kuota Gratis Internet

Kompas.com - 05/08/2021, 10:52 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim meminta masyarakat untuk tidak tertipu berita bohong atau hoaks terkait bantuan kuota gratis internet.

Oleh karena, masyarakat harus jeli dalam melihat tautan resmi bantuan kuota gratis dari Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Salurkan Kuota Gratis September-November 2021, Ini Besarannya

Karena, kata Nadiem, hanya ada satu tautan resmi untuk mengakses informasi bantuan kuota gratis dari Kemendikbud Ristek.

"Jadi masyarakat harus detail lihat link yang tersebar. Hanya satu sumber link dari Kemendikbud Ristek, yakni https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id, " ungkap dia secara daring, seperti diberitakan Kamis (5/8/2021).

Dia menyebut, skema pemberian kuota internet juga dilakukan satu pintu, yaitu lewat kepala satuan pendidikan masing-masing, baik di sekolah maupun perguruan tinggi.

"Jadi lewat itu, jangan sampai orangtua atau siapa saja mencoba mendapatkan ini secara mandiri. Karena sekolah lewat data pokok pendidikan dan pangkalan data pendidikan tinggi, sistem sekolah dan perguruan tinggi terintegrasi ke Kemendikbud Ristek," ungkapnya.

Nadiem juga meminta, agar kepala satuan pendidikan di sekolah dan perguruan tinggi melakukan pemutakhiran data semua warga pendidikan.

Dengan begitu, semua siswa, guru, dosen, dan mahasiswa memperoleh kuota gratis internet periode September, Oktober dan November 2021.

"Harus perbarui data siswa, mahasiswa, guru, dan dosen, termasuk nomor telepon di sistem data pokok pendidikan dan pangkalan data pendidikan tinggi," jelas dia.

Nadiem berharap kepala satu pendidikan masing-masing juga harus mengunggah SPTJM pada http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk PAUD, pendidikan dasar, dan menengah) atau http://kuotadikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi) selambat-lambatnya pada 31 Agustus 2021.

Asal tahu saja, bantuan kuota gratis internet sepanjang September-November 2021 akan disalurkan setiap bulan.

Yakni, pada 11-15 September 2021, 11-15 Oktober 2021, dan 11-15 November 2021.

Baca juga: 5 Bantuan Kemendikbud Ristek Selama Pandemi Covid-19

Besaran bantuan kuota gratis internet

Setiap kuota gratis internet yang diberikan, memiliki kapasitas berbeda-beda yang diberikan kepada siswa, mahasiswa, guru, dan dosen.

Masing-masing besaran kuota gratis internet, sebagai berikut:

1. Siswa PAUD akan memperoleh besaran bantuan kuota internet gratis sebesar 7 gigabyte (GB) per bulan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com