Kompas.com - 04/08/2021, 20:36 WIB
Mendikbud Ristek saat menjelaskan bantuan kuota 2021 Dok. laman Youtube KemdikbudMendikbud Ristek saat menjelaskan bantuan kuota 2021
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com- Untuk memastikan peserta didik mendapatkan haknya untuk belajar selama pembelajaran jarak jauh (PJJ), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bersama Kementerian Agama dan Kementerian Keuangan menyalurkan bantuan kuota data internet.

Bantuan kuota data internet ini akan dicairkan pada bulan September hingga November 2021. Siswa, mahasiswa, guru dan dosen akan mendapatkan bantuan dengan besaran berbeda sesuai jenjangnya.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim menjelaskan, pandemi Covid-19 sudah melanda Indonesia lebih dari 1,5 tahun.

Hal ini memberikan dampak di semua jenjang pendidikan yang ada di Indonesia. Sejak pandemi Covid-19 terjadi, Kemendikbud Ristek mengambil langkah cepat untuk mengurangi beban siswa, mahasiswa, orangtua, dosen, guru dan tenaga kependidikan.

Baca juga: Siswa, Ini Lho 5 Fakta Menarik tentang Bahasa Indonesia

Kurangi beban siswa dengan bantuan kuota data internet

Salah satunya dengan memberikan bantuan kuota data internet sejak 2020. Bantuan tersebut dilanjutkan lagi untuk bulan September hingga November 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Nadiem, skema lanjutan bantuan dari Kemendik Ristek untuk bulan September, Oktober dan November 2021 akan menyalurkan Rp 2,3 triliun untuk bantuan kuota data internet bagi 26,8 juta siswa mahasiswa guru dan dosen,

Besaran bantuan kuota data internet

Bantuan kuota data internet ini dengan rincian sebagai berikut:

1. Peserta didik PAUD sebesar 7 GB per bulan

2. Peserta didik jenjang SD dan siswa Menengah sebesar 10 GB per bukan

3. Pendidik jenjang, PAUD, SD dan Menengah memperoleh 12 GB per bulan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.