Kompas.com - 03/08/2021, 09:24 WIB
Indra Rudiansyah, warga negara Indonesia yang terlibat dalam penelitian dan pembuatan vaksin Covid-19 di Universitas Oxford, Inggris. Dok. PribadiIndra Rudiansyah, warga negara Indonesia yang terlibat dalam penelitian dan pembuatan vaksin Covid-19 di Universitas Oxford, Inggris.

KOMPAS.com - Sosok Indra Rudiansyah, alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) tengah viral karena keterlibatannya di dalam tim pembuatan Vaksin AstraZeneca.

Indra yang kini menjadi mahasiswa Universitas Oxford, tengah menjadi perbincangan di kalangan anak muda yang baru mengetahui profesi peneliti khususnya di bidang vaksin. Lalu, jika ingin menggeluti bidang yang sama apa ya yang harus dilakukan?

1. Suka sains sejak SMA, Indra selalu haus rasa ingin tahu

Dalam wawancara dengan Kompas.com, Jumat (30/7/2021) Indra mengisahkan awal mula ketertarikannya di bidang sains sejak SMA. Ia cukup aktif mengikuti karya ilmiah di sekolahnya.

"Pernah ikut Olimpiade Sains Nasional (OSN). Pas OSN itu, ketertarikan saya, keingintahuan saya makin besar. Dan saya jadi rajin cari tahu apa saja yang ada dalam sains salah satunya vaksin," Kata dia.

Baca juga: Mahasiswa, Ketahui Profesi Paling Bersinar 5 Tahun ke Depan

Indra mengaku tidak pernah menyangka akan menjadi peneliti vaksin, apalagi terkait penyakit pandemi seperti Covid-19. Pada saat memilih jurusan S1 di tahun 2009, ia sebenarnya lebih tertarik menekuni dunia perminyakan.

Kendati fokus di sektor energi semasa S2, Indra sebenarnya sudah mulai mengembangkan ketertarikan pada sektor terapan mikrobiologi dalam dunia medis. Ketertarikannya terutama terkait ilmu bioteknologi pada pengembangan vaksin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kata Indra, menjadi peneliti dalam bidang sains artinya harus mau terus mencari ilmu dan mendalaminya. Karena perkembangan ilmu saat ini cukup beragam dan saling berkaitan.

"Karena itu, hingga saat ini pun saya masih terus belajar. Terkait vaksin, ya tentunya saya belajar terus karena ilmu itu berkembang kapanpun," Jelasnya. 

2. Terus konsisten

Indra mengatakan, untuk bisa mendalami atau mempelajari satu hal seseorang harus konsisten dan harus memanfaatkan waktu dan ilmu yang ada.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Ada Kampus Kamu?

Indra akhirnya mencoba mewujudkan keinginannya untuk berkecimpung di sektor tersebut saat mencari pekerjaan. Ia berhasil diterima di perusahaan vaksin Bio Farma, di mana ia mengembangkan kariernya sebagai Product Development Specialist.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.