Dukung Orangtua Jadi Sahabat Anak Belajar

Kompas.com - 31/07/2021, 13:40 WIB
Orang tua perlu memahami karakteristik dan gaya belajar anak ketika mendampingi mereka belajar sehingga bisa memberikan dukungan dan sumber belajar yang sesuai. DOK. TANOTO FOUNDATIONOrang tua perlu memahami karakteristik dan gaya belajar anak ketika mendampingi mereka belajar sehingga bisa memberikan dukungan dan sumber belajar yang sesuai.

Oleh: M Ari Widowati, Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation

KOMPAS.com - Ada temuan menggembirakan dari survei Tanoto Foundation kepada 2.300 orangtua di 18 kabupaten kota mitra mengenai pendampingan anak belajar dari rumah.

Survei yang dilakukan April-Juni 2021 mendapati 73.9 persen orangtua atau 3 dari 4 orangtua setiap hari meluangkan waktu menemani anak belajar di rumah.

Artinya, sebagian besar orangtua sudah ambil andil secara aktif dalam mendukung pembelajaran anak.

Namun survei ini juga menemukan bahwa baru sekitar 50 persen orangtua, atau 1 dari 2 orangtua yang menerapkan strategi pendampingan anak belajar yang sesuai dengan gaya belajar anak.

Setiap anak itu unik dan memiliki preferensi dan kebiasaan belajar berbeda. Maka pendekatan untuk mempelajari mata pelajaran tertentu juga berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Orangtua perlu memahami karakteristik dan gaya belajar anak ketika mendampingi mereka belajar sehingga bisa memberikan sumber belajar yang sesuai.

Baca juga: Optimalkan Gaya Belajar agar Berhasil Belajar Daring

Orangtua perlu kenali gaya belajar anak

Ada anak yang lebih baik penyerapan dalam lingkungan belajar kelompok, ada yang lebih cocok belajar sendiri, ada yang gabungan keduanya. Ada anak yang lebih visual, auditori, atau kinestetik.

Ini menjadi tantangan dan memerlukan keterampilan tersendiri untuk orang tua bisa memberikan dukungan yang tepat kepada anak.

Anak yang lebih visual akan lebih mudah menyerap informasi dengan melihat gambar, tulisan, grafik, poster. Sedang yang auditori, senang belajar dengan suara keras atau mendengarkan sesuatu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.