Kompas.com - 31/07/2021, 13:01 WIB
Ilustrasi ikan koi, memberi makan ikan. PIXABAY/ASHLEYWYETHMEDLOCKIlustrasi ikan koi, memberi makan ikan.

KOMPAS.com - Permintaan pasar dan harga yang tinggi, membuat budidaya ikan koi menjadi salah satu prospek bisnis yang menguntungkan apabila dikembangkan.

Selain itu, ikan koi juga dianggap dapat mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya, sekaligus mempercantik hunian karena warnanya yang indah.

Himpunan Mahasiswa Akuakultur (Himakua) PSDKU Universitas Airlangga (Unair) Banyuwangi mengupas tuntas teknik budidaya ikan koi dalam kajian bertema “Budidaya Ikan Koi: Teknik Budidaya Ikan Koi Sebagai Peluang Usaha di Masa Pandemi” yang diselenggarakan hari ini, Sabtu (31/7/2021).

Acara tersebut menghadirkan beberapa narasumber salah satunya Akbar Maulana yang merupakan pebsnis ikan koi.

Baca juga: Peneliti IPB: Jahe, Kunyit, dan Temulawak Bisa Obati 30 Jenis Penyakit

Pasar dari bisnis ikan koi cukup besar

Akbar menerangkan bahwa di Indonesia sendiri pasar dari bisnis ikan koi cukup besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menjelaskan, hal itu dikarenakan ikan koi yang merupakan pilihan utama dalam mengisi kolam-kolam hias baik di rumah maupun fasilitas umum lantaran memiliki warna yang cantik dan ukuran yang proporsional.

Di Indonesia sendiri, lanjut Akbar, beberapa Ikan Koi yang populer salah satunya dari jenis Gosanke, Utsurimono, Kawarimono dan Tancho.

“Saat ini pasar dari ikan koi sendiri cukup bagus baik lokal maupun global, dan bahkan, sambungnya, Koi Blitar yang merupakan koi lokal kita juga bisa menembus pasar internasional,” ungkapnya seperti dilansir dari laman Unair.

Tips budidaya ikan koi

Dalam budidaya ikan koi, Akbar mengungkapkan terdapat beberapa tahap yang perlu diperhatikan karena akan menentukan keberhasilan budidaya. Salah satunya adalah pemilihan indukan.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

1. Pemilihan indukan

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.