Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Belajar Apa yang Cocok untuk Kamu? Yuk Ikut Tes Gratis Ini

Kompas.com - 12/02/2021, 16:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Tak semua dari kamu cocok belajar dengan cara duduk dan membaca buku di ruangan hening. Bisa jadi, kamu lebih mudah memahami pelajaran bila sesi belajar diiringi dengan musik kesukaan.

Setiap orang ternyata punya gaya belajar yang berbeda, yang bila diterapkan bisa membuat proses belajar terasa lebih menyenangkan, sehingga materi pelajaran pun lebih mudah dipahami.

Menjelang masa-masa ujian, baik itu ujian tengah semester, ujian akhir semester bahkan ujian masuk perguruan tinggi, menemukan lebih dahulu gaya belajar yang cocok untuk kamu bisa jadi langkah awal untuk memahami pelajaran lebih baik.

Baca juga: Cara Daftar KIP Kuliah 2021, Bebas Biaya Kuliah dan Tunjangan Bulanan

Cek gaya belajar kamu

Secara umum, gaya belajar terbagi atas tiga tipe, yaitu gaya belajar visual, auditori dan kinestetik.

Gaya belajar visual umumnya cenderung lebih mudah menyerap, mengatur, dan mengolah suatu informasi melalui indera penglihatan atau dengan cara melihat.

Seseorang yang memiliki gaya belajar ini biasanya memiliki ciri-ciri lebih mudah mengingat sesuatu yang dilihat daripada yang didengar, lebih suka membaca daripada dibacakan, teliti terhadap detail, seorang perencana dan pengatur jangka panjang yang baik, dan suka mempelajari materi dengan cara membaca catatan dan membuat ringkasan.

Sedangkan bagi gaya belajar auditori, kecenderungan dalam mengolah informasi yang banyak dipengaruhi oleh indra pendengaran.

Baca juga: Ikut Kampus Mengajar, Mahasiswa Dapat Uang Saku Bulanan dan Bantuan UKT

Oleh karena itu, bagi seseorang yang memiliki gaya belajar ini, sangat membutuhkan suasana belajar yang kondusif karena sulit menyerap informasi di tengah keributan.

Sementara, gaya belajar kinestetik cenderung lebih mudah menyerap, mengatur, dan mengolah suatu informasi melalui sentuhan dan gerakan tubuh.

Misalnya saat berpikir tentang sesuatu, mereka terbiasa melakukan gerakan khusus seperti jalan mondar-mandir, mengetuk-ngetuk jari ke meja, atau menggoyangkan kaki.

Kamu bisa gunakan kursi yang bisa diputar atau buat catatan materi dengan cara diketik di laptop agar ada bagian tubuh yang terus bergerak.

Untuk membatu siswa menemukan gaya belajar tepat, platform edukasi Quipper memiliki fitur "Tes Gaya Belajar" yang dapat diikuti secara gratis.

Termasuk tes untuk memilih jurusan, memilih kampus, minat bakat yang semuanya dapat diikuti gratis melalui tautan ini.

Baca juga: BCA Buka Beasiswa Penuh Kuliah Teknik Informatika, Peluang Kerja di BCA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com