Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UKM Esport, Bentuk Dukungan UK Maranatha ke Mahasiswa

Kompas.com - 12/02/2021, 13:31 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dunia gaming saat ini berkembang pesat. Tak hanya game yang ada di komputer, sejumlah game di ponsel pintar pun kini makin banyak penggemarnya.

Bahkan saat ini berbagai kompetisi resmi sebagai wadah bagi gamer profesional banyak ditemukan.

Esports merupakan bagian dari olahraga karena jika dilihat dari arti katanya, yakni wahana yang menjawab kebutuhan manusia untuk mensinergikan pikiran dan tubuhnya.

Melansir laman maranatha.edu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Inovasi, dan Kemitraan Universitas Kristen (UK) Maranatha, Dr. Krismanto Kusbiantoro menerangkan, esports juga termasuk dalam sport atau olahraga karena telah memenuhi kriteria.

Esport bagian dari kegiatan rekreatif

Yaitu dimensi rekreatif, melibatkan tubuh dan pikiran walaupun didominasi dengan olah pikiran dan gerak tubuh yang sedikit.

Baca juga: 4 Pilihan Jurusan untuk Kamu yang Gemar Main Game

Hingga membawa manusia pada keutuhan eksistensinya sebagai makhluk yang istimewa. Seperti mempunyai profil berkualitas, berkarakter, dan unggul.

"Hal itu ternyata senada dengan tujuan perguruan tinggi yang selalu berurusan dengan karakter, kompetensi, ilmu pengetahuan, dan kesejahteraan manusia," kata Krismanto dikutip dari laman maranatha.edu, Selasa (9/2/2021).

Keberadaan industri esports, lanjut Krismanto, tidak lepas dari peran perguruan tinggi. Kedua hal tersebut saling berkaitan dan saling membutuhkan satu sama lain.

"Pendidikan di perguruan tinggi itu sebenarnya membentuk mereka sehingga mereka memiliki nilai. Pendidikan tinggi maupun sport memiliki kesamaan nilai, yaitu membangun karakter dan menciptakan nilai untuk membuat manusia yang lebih utuh," terangnya.

Jadi cabang olahraga 

Meski sudah memiliki banyak gamer profesional, saat ini, esport sendiri masih belum memiliki pengakuan publik dan belum dipandang sebagai olahraga secara umum.

Baca juga: Game Gareng-Petruk Karya Dosen UI, Dukung Pembentukan Karakter Anak

Krismanto menilai, esport dapat menjadi cabang olahraga yang besar seiring dengan perkembangan teknologi.

Bahkan sebagai wujud dukungan bagi para mahasiswanya, UK Maranatha memiliki unit kegiatan mahasiswa yang mendukung esport.

Esport Maranatha ini sudah menjadi cabang kegiatan dalam Kegiatan Mahasiswa Olahraga sejak awal 2020 lalu. 

Dasar dijadikannya esport masuk sebagai UKM lantaran esport telah menjadi jenis olahraga fenomenal di kalangan milenial. Komunitas esport di kalangan mahasiswa pun sudah terbentuk sebelumnya.

Dukung mahasiswa dalam kompetisi esport

Keterlibatan mahasiswa Maranatha dalam berbagai kompetisi esport dinilai aktif dan tak jarang meraih penghargaan esport.

Baca juga: 7 Kampus yang Cocok Buat Anak Game

Bahkan esport telah menjadi kompetisi olahraga akbar di Asia. Baik itu di ajang SEA Games dan Asian Games.

"Kami juga memfasilitasi mereka yang ingin mengikuti kompetisi esport. Hal ini juga menjadi bentuk semangat kampus untuk mengembangkan mahasiswa dari sisi bakat dan minat," tandas Krismanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com