Kompas.com - 12/02/2021, 13:31 WIB
Universitas Kristen Maranatha mendukung mahasiswanya berkompetisi di bidang esport. Tangkap layar website UK MaranathaUniversitas Kristen Maranatha mendukung mahasiswanya berkompetisi di bidang esport.
|

KOMPAS.com - Dunia gaming saat ini berkembang pesat. Tak hanya game yang ada di komputer, sejumlah game di ponsel pintar pun kini makin banyak penggemarnya.

Bahkan saat ini berbagai kompetisi resmi sebagai wadah bagi gamer profesional banyak ditemukan.

Esports merupakan bagian dari olahraga karena jika dilihat dari arti katanya, yakni wahana yang menjawab kebutuhan manusia untuk mensinergikan pikiran dan tubuhnya.

Melansir laman maranatha.edu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Inovasi, dan Kemitraan Universitas Kristen (UK) Maranatha, Dr. Krismanto Kusbiantoro menerangkan, esports juga termasuk dalam sport atau olahraga karena telah memenuhi kriteria.

Esport bagian dari kegiatan rekreatif

Yaitu dimensi rekreatif, melibatkan tubuh dan pikiran walaupun didominasi dengan olah pikiran dan gerak tubuh yang sedikit.

Baca juga: 4 Pilihan Jurusan untuk Kamu yang Gemar Main Game

Hingga membawa manusia pada keutuhan eksistensinya sebagai makhluk yang istimewa. Seperti mempunyai profil berkualitas, berkarakter, dan unggul.

"Hal itu ternyata senada dengan tujuan perguruan tinggi yang selalu berurusan dengan karakter, kompetensi, ilmu pengetahuan, dan kesejahteraan manusia," kata Krismanto dikutip dari laman maranatha.edu, Selasa (9/2/2021).

Keberadaan industri esports, lanjut Krismanto, tidak lepas dari peran perguruan tinggi. Kedua hal tersebut saling berkaitan dan saling membutuhkan satu sama lain.

"Pendidikan di perguruan tinggi itu sebenarnya membentuk mereka sehingga mereka memiliki nilai. Pendidikan tinggi maupun sport memiliki kesamaan nilai, yaitu membangun karakter dan menciptakan nilai untuk membuat manusia yang lebih utuh," terangnya.

Jadi cabang olahraga 

Meski sudah memiliki banyak gamer profesional, saat ini, esport sendiri masih belum memiliki pengakuan publik dan belum dipandang sebagai olahraga secara umum.

Baca juga: Game Gareng-Petruk Karya Dosen UI, Dukung Pembentukan Karakter Anak

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X