Kompas.com - 25/07/2021, 11:40 WIB
David Purnomo, putra pasangan Hadi Purnomo dan Li Li Novita Purnomo berhasil diterima di University of Washington pada usia 14 tahun. Dok. David PurnomoDavid Purnomo, putra pasangan Hadi Purnomo dan Li Li Novita Purnomo berhasil diterima di University of Washington pada usia 14 tahun.
|

KOMPAS.com - Masih berusia 14 tahun, David Purnomo berhasil lolos dan diterima menjadi mahasiswa di University of Washington. Tentu prestasi ini diperoleh dengan kerja keras dan konsistensi dalam belajar.

Prestasi ini tentunya juga membanggakan keluarganya karena David berhasil lolos seleksi mengalahkan pelajar lain yang ikut dalam program Early Entrance Program oleh University of Washington.

Early Entrance Program to College ini merupakan program yang mana pelajar kelas 10 tidak perlu melanjutkan ke kelas 11 dan 12 tapi bisa langsung ke jenjang perguruan tinggi.

David mengatakan, banyak sekali pelajar yang berminat ikut program ini karena merasa sudah siap masuk perkuliahan tanpa harus menyelesaikan jenjang SMA atau high school.

Baca juga: Perusahaan Farmasi Ini Buka Lowongan Kerja Lulusan S1, Yuk Daftar

Saat mendaftar program ini, David harus melalui proses yang sangat panjang dan tidak mudah. Banyak esai dan berkas-berkas yang harus dilakukan dan dilengkapi David.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah melengkapi semua syarat dan berkas, David juga harus mengikuti seleksi wawancara untuk melihat tingkat kematangan pelajar yang mendaftar program ini.

Namun jumlah peserta yang lolos Early Entrance Program di University of Washington juga dibatasi. Early Entrance Program hanya mengambil 35 pelajar karena hanya ingin menerima pelajar yang benar-benar berkompeten.

David sendiri merupakan siswa keturunan Indonesia yang kini tinggal di Seattle, Amerika Serikat bersama orangtuanya. Kedua orangtuanya asli Surabaya namun sudah lama menetap di Amerika Serikat. Meski lahir dan besar di Amerika Serikat, dia suka dengan kuliner Indonesia seperti soto ayam, rendang dan rawon.

Baca juga: Ribuan Peserta Ikuti Seleksi Mandiri Unnes, Ini 10 Prodi Favoritnya

September 2021 mendatang David resmi menjadi mahasiswa di University of Washington. Namun sejak musim panas tahun lalu, David sudah mengambil college credit atau SKS. 

Kali ini David membagikan beberapa tips belajar hingga bisa meraih prestasi seperti saat ini. Yuk simak bersama ulasan berikut ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.