Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2021, 13:31 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 2020, membuat banyak sektor terdampak, seperti krisis ekonomi yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi rendah, kesejahteraan dan kesehatan masyarakat yang kerap menurun, hingga pendidikan jutaan anak yang kian terancam.

Sementara, Indonesia saat ini tengah mempersiapkan visi untuk mencapai Indonesia Emas Berkelanjutan 2045.

Kondisi tersebut menjadi alasan kuat untuk kita generasi muda menemukan strategi yang tepat untuk mewujudkan visi tersebut.

Sebagai salah satu organisasi pelajar Indonesia di seluruh dunia, Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) memiliki program puncak tahunan yang merupakan representasi pemikiran mahasiswa Indonesia di luar negeri, yaitu yaitu Simposium Internasional (SI). Sekaligus sebagai bentuk kapitalisasi gagasan untuk berkontribusi membangun Indonesia.

Baca juga: Beasiswa Unggulan 2021 Kemendikbud untuk Mahasiswa S1-S3: Manfaat dan Cara Daftar

Tujuan utama diselenggarakan SI pada tahun ini adalah melahirkan konsep Indonesia Emas Berkelanjutan 2045.

Simposium Internasional yang diadakan secara daring akan berlangsung selama 5 hari, terhitung dari tanggal 27-31 Juli 2021 dengan rangkaian kegiatan yang terbagi menjadi beberapa sesi, yaitu:

1. Seminar Panel

Seminar ini akan diisi oleh beberapa pembicara yang luar biasa, seperti: Sandiaga Salahuddin Uno (Menteri Pariwisata), Christina Aryani (Anggota Komisi I & Badan Legislasi DPR RI), dan George Hendrata (CEO of Tiket.com).

Baca juga: Beasiswa BRI Peduli 2021 bagi Mahasiswa S1: Biaya Pendidikan dan Uang Saku

2. Education & Career Expo

Akan berfokus pada "Career", yang bertujuan untuk menghubungkan perusahaan dengan pelajar-pelajar Indonesia.

Lalu, “Education” yang memberikan pengetahuan dan wawasan tentang informasi beasiswa di luar negeri, dan juga ada pemaparan dari Mahasiswa Kampus ternama, Ibrahim Hanif (PhD in Law, University of Cambridge), dan Devi Natalie (Mahasiswa MsC in Clinical Embryology, University of Oxford).

3. Mentoring Programme

Kegiatan ini akan diusung dengan 2 tema berbeda yaitu Edukasi tentang Saham dan juga Indutsri Kreatif yang akan diisi oleh Gaery Undarsa (CMO and CO-Founder tiket.com).

Termasuk sederet ahli di Bidang Saham seperti Fellexandro Ruby, Fadly Fatah perwakilan dari Bursa Efek Indonesia dan narasumber terpercaya lainnya.

Baca juga: Beasiswa S1 di Malaysia 2021, Kuliah Gratis dan Tunjangan Hidup

4. Closing Ceremony

Merupakan penutupan kegiatan yang akan diselenggarakan pada hari terakhir yang berupa Seminar dari Erick Tohir (Menteri Badan Usaha Milik Negara), Talk Show, dan Performance dari Ardhito Pramono, kemudian diakhiri dengan penutupan Simposium Internasional XII PPI Dunia secara simbolis.

Simposium Internasional akan dihadiri oleh mahasiswa Indonesia di luar maupun dalam negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com