Kompas.com - 22/07/2021, 06:53 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dalam kondisi pandemi Covid-19, penggunaan masker sangat dianjurkan untuk mencegah penularannya.

Bahkan dengan adanya Covid-19 varian Delta, masyarakat dianjurkan untuk menggunakan dobel masker.

Melihat kebutuhan masyarakat terhadap masker ini, lima mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) menghadirkan inovasi Chitomask.

Chitomask ini merupakan produk masker kain filter antibakteri dan antivirus yang ramah lingkungan dari limbah kulit udang.

Baca juga: Hanya Ada 1 di Indonesia, Yuk Kenali Prodi Kedokteran Penerbangan UI

Ciptakan inovasi Chitomask

Kelima mahasiswa itu adalah Reza Istiqomatul Hidayah mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan, Muhammad Rizky Widodo dan Salsabila Farah Rafidah mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat. Serta Ardelia Bertha Prastika mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Firman Hidayat mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi.

Dilansir dari laman Unair, Rabu (21/7/2021), inovasi dari kelima mahasiswa ini lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) dan mendapatkan pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek) tahun 2021.

Sebelum mendapat pendanaan ini, mereka sudah sering menjuarai ajang kompetisi hingga pernah meraih medali silver pada skala internasional.

Baca juga: Undip Buka Jalur Ujian Mandiri S1 Kemitraan, Simak Syaratnya

Bisa memberikan proteksi lebih

Para mahasiswa ini membuat inovasi Chitomask juga lantaran varian Covid-19 lebih menular sehingga diperlukan proteksi lebih.

Chitomask bisa memberikan proteksi tambahan dengan filternya yang memiliki kemampuan antivirus dan antibakteri.

Terutama komposisi bahannya yang biodegradable atau mudah terurai secara alami sehingga bisa meminimalkan limbah masker saat pandemi Covid-19. Meski berasal dari limbah udang, model Chitomask tetap dibikin trendy.

Baca juga: Epidemiolog UGM Ungkap Herd Immunity di Indonesia Sulit Terbentuk

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.