Kompas.com - 15/07/2021, 16:16 WIB
Bermain puzzle ShutterstockBermain puzzle

KOMPAS.com - Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pademi Covid-19 menghadirkan sejumlah peluang sekaligus tantangan belajar bagi anak, guru, terlebih orangtua yang mendampingi.

Tak dipungkiri, selama pembelajaran daring misalnya, anak menjadi sulit berkonsentrasi dengan pembelajaran. Bisa jadi karena anak teralihkan fokusnya dengan gadget, tontonan di televisi atau gangguan lain yang ada di rumah.

Meski kondisi rumah tak selalu sekondusif ruang kelas di sekolah, namun ada cara yang bisa dilakukan orangtua untuk meningkatkan konsentrasi anak. Salah satu cara yang bisa dilakukan melalui permainan.

Merangkum laman BPK Penabur, berikut 7 pilihan permainan yang bisa meningkatkan konsentrasi anak:

Baca juga: Belajar dari Orangtua Jepang Cara Menanamkan Disiplin pada Anak

1. Yoga otak

Meski tampak sederhana tetapi permainan ini sangat menantang konsentrasi otak anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara kerja permainan ini adalah anak harus mengepalkan kedua tangannya, kemudian pada tangan kiri ulurkan jari kelingkingnya, dan tangan kanan ulurkan ibu jari.

Setelah itu, anak hanya perlu mencobanya bergantian, di mana tangan kanan menjulurkan jari kelingking sedangkan tangan kiri menjulurkan ibu jari. Coba lakukan beberapa kali.

Bermain yoga otak membutuhkan banyak koordinasi untuk melakukannya dengan benar. Melakukannya beberapa kali sehari dapat membantu anak dalam meningkatkan konsentrasinya secara signifikan.

2. Permainan nampan

Saat mengisi waktu luang bersama anak, cobalah untuk melakukan permainan nampan yang dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi dan daya ingat.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Untuk memainkan game ini, orangtua dapat meletakkan beberapa barang secara acak di atas nampan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.