Kompas.com - 15/07/2021, 09:14 WIB
Tim Pandawa Unnes dengan mobil Pancanaka telah terverifikasi akan mengikuti lomba KMHE 2021 pada kelas Mesin Pembakaran Dalam dengan bahan bakar Etanol. Tangkap layar Instagram UnnesTim Pandawa Unnes dengan mobil Pancanaka telah terverifikasi akan mengikuti lomba KMHE 2021 pada kelas Mesin Pembakaran Dalam dengan bahan bakar Etanol.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Mahasiswa terus didorong untuk menciptakan inovasi demi Indonesia yang lebih baik.

Belum lama ini Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyelenggarakan kegiatan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2021.

Kegiatan KMHE ini bertujuan menjadi salah satu wahana dalam membentuk mahasiswa mampu merancang dan membangun kendaraan yang hemat energi, aman, dan ramah lingkungan.

Serta mempersiapkan lulusan yang dapat memberikan solusi positif untuk menjawab tantangan energi masa depan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendukung upaya penghematan energi.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 4 Tips Mendapat Tempat Magang Impian ala Ditjen Dikti

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang tergabung dalam tim Pandawa termasuk tim yang mengikuti kompetensi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tim Pandawa ini konsisten melakukan serangkaian riset untuk terus berkarya dan berinovasi, salah satunya dengan mengikuti KMHE 2021.

Serangkaian kontes ini dimulai sejak masa sosialisasi pada Sabtu (29/5/2021) lalu hingga rapat pleno dan pengumuman pemenang mendatang.

"Tim Pandawa dengan mobil Pancanaka telah terverifikasi akan mengikuti lomba KMHE 2021 pada kelas Mesin Pembakaran Dalam dengan bahan bakar Etanol," jelas Dosen pembimbing tim Pandawa untuk KMHE 2021 sekaligus pembimbing wadah Aspirasi Inovasi Fakultas Teknik Rizqi Fitri Naryanto seperti dikutip dari laman Unnes, Rabu (17/4/2021).

Baca juga: UM Surabaya Sediakan Beasiswa Kader Ulama Muda dan Influencer

Manager Tim Pandawa KMHE 2021 Danang menjelaskan, Mobil Pancanaka ini merupakan pengembangan mobil terbaru dari seri mobil sebelumnya.

"Antara lain Pandawa Urate Evo-1, Pandawa Ev dan Pandawa J Pro, dimana seri mobil sebelumnya telah mengantarkan tim Pandawa mengikuti gelaran lomba ajang nasional maupun Internasional," beber Danang.

Sementara itu Ketua Tim Pandawa Dani Juliano menambahkan, persiapan dari tim Pandawa untuk menghadapi Lomba Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 sedang dilakukan bersama anggota tim Pandawa lainnya.

Baca juga: Mahasiswa UI Bikin Buku Pop-Up Mitigasi Bencana untuk Siswa PAUD

Mulai dari persiapan awal hingga tahap produksi mobil Pancanaka. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik Wirawan Sumbodo berpesan agar semangat berprestasi tetap harus selalu ada dalam diri mahasiswa Fakultas Teknik Unnes.

Baca juga: United Tractors Buka Lowongan Kerja Lulusan S1, Daftar di Sini

"Semengat berprestasi harus tetap ada meskipun dengan segala keterbatasan dalam masa pendemi Covid-19 seperti saat ini," tandas Wirawan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.