Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/07/2021, 12:57 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Rektor Universitas Nusa Mandiri (UNM) Dwiza Riana mengatakan, ilmu manajemen memiliki peran yang cukup penting di era society 5.0.

Banyaknya aspek kehidupan berbasis pada penerapan teknologi di era society 5.0 membuat lapangan pekerjaan yang sudah ada bisa hilang karena tergerus pengrusakan kebiasaan tradisional ke modern.

Oleh karenanya, ilmu manajemen menjadi salah satu bidang ilmu yang punya peran penting karena perusahaan atau organisasi dapat diatur secara terstruktur sehingga dapat mencapai tujuan bersama.

“Banyak sekali ilmu manajemen yang dipakai pebisnis dari aspek waktu, perencanaan, hingga keuangan, sehingga kegiatan dalam perusahaan atau organisasi itu menjadi terorganisasi dan terencana sesuai dengan target tujuan bersama yang sudah disepakati,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (14/7/2021).

Melihat kebutuhan tersebut, UNM membuka program studi (prodi) Manajemen untuk jenjang sarjana (S1).

Baca juga: Dukung Era Society 5.0, Rektor UNM Harap Ahli Ilmu Komputer Ciptakan Inovasi Terbarukan

Dwiza menyebutkan, UMN sudah terakreditasi peringkat B (Baik Sekali), sehingga pihaknya ingin memberi kesempatan bagi masyarakat untuk belajar ilmu manajemen dan memberikan berbagai keunggulan.

Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNM membuka kesempatan belajar bagi masyarakat untuk memperdalam ilmu manajemen sebagai bekal untuk mengarungi era society 5.0. Salah satu keunggulannya yaitu dengan program beasiswa,” ungkapnya.

Dwiza mengatakan, prodi Manajemen UNM berkualitas dan unggul dalam inovasi, terutama pada ilmu dan seni manajemen yang mudah menyesuaikan terhadap perkembangan teknologi dan informasi pada 2035.

“Tujuan dari prodi Manajemen menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas di bidang ilmu dan seni manajemen dengan menerapkan kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri,” tuturnya.

Baca juga: Ingin Kuliah Jurusan IT? Rektor UNM: Kami Memberi Beasiswa Total Rp 2 Miliar

Prospek menjanjikan

Lebih lanjut, Dwiza mengungkapkan, prodi Manajemen memiliki prospek kerja yang menjanjikan sehingga membuat jurusan ini paling diminati.

Dia menyebutkan, prospek kerja program studi Manajemen UNM, antara lain bisa manajer, konsultan manajemen dan bisnis, entrepreneur, hingga dosen dan peneliti.

Ilmu manajemen ini prospek kerjanya menjanjikan. Para lulusannya akan mudah mendapatkan pekerjaan. Bahkan sangat mudah juga untuk membuka peluang kerja karena perencanaan untuk terjun ke dunia usaha, sudah diajarkan di jurusan ini,” jelasnya.

Dwiza menambahkan, selain prodi Manajemen, UNM juga menawarkan prodi Manajemen Bisnis dan Operasional, Perilaku Konsumen, Manajemen Keuangan, Manajemen Strategik, dan Manajemen Pemasaran.

“Dengan modal ilmu manajemen, lulusan akan mudah untuk menentukan kedepannya mau ke arah mana,” ucapnya.

Baca juga: Meski Pandemi, Masyarakat Bisa Jadi Sarjana dengan Kuliah dari Rumah

Dalam pelaksanaan kuliah, lanjut Dwiza, mahasiswa tak hanya mendapatkan pembelajaran program studi di kelas, tapi juga pembelajaran dari lembaga yang berhubungan dengan ilmu manajemen.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com