Kompas.com - 14/07/2021, 10:24 WIB
Ilustrasi bahasa inggris to be was were shutterstockIlustrasi bahasa inggris to be was were
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) lewat Ditjen GTK menjalin kerjasama dengan British Council Indonesia (BCI) Foundation.

Langkah itu dilakukan agar bisa memetakan kompetensi calon guru bahasa Inggris tingkat SMA di Indonesia.

Baca juga: 5 Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak di Rumah

Bentuk kerja sama tersebut berupa pengujian terhadap dua ribu mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dilakukan dengan menggunakan EnglishScore, yaitu tes bahasa Inggris seluler dari British Council.

Sebagai langkah awal, Ditjen GTK menyelenggarakan Webinar Pemetaan Guru Bahasa Inggris kepada Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2021 pada Minggu (11/7/2021).

Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Ristek, Praptono mengatakan, guru bahasa Inggris yang berkualitas sangat penting untuk masa depan Indonesia.

Karena, mereka dapat membekali generasi mendatang dengan sarana yang tepat agar berhasil berkiprah di dunia internasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Harapan saya sebanyak 2.046 guru bisa lulus dalam PPG Dalam Jabatan dan segera mempunyai sertifikat pendidik," ucap dia melansir laman Kemendikbud Ristek, Rabu (14/7/2021).

Dia menjelaskan, kegiatan ini juga dibantu oleh 39 Lembaga Pendidikan Tinggi Keguruan (LPTK) di Indonesia yang memiliki izin dan menampung sebanyak 2.046 guru-guru dari seluruh Indonesia peserta PPG Dalam Jabatan Program Studi Bahasa Inggris.

Hasil kegiatan ini, sebut dia, akan menjadi potret dalam melakukan refleksi bagi Kemendikbud Ristek, khususnya terkait kurikulum, modul, dan bahan ajar.

"Tes ini dilakukan untuk pemetaan sehingga tidak menjadi penentu kelulusan bagi peserta PPG. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada British Council yang telah mendukung kami melalui aplikasi dan sistem,” jelas Praptono.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Bagikan Tips Hidup Sehat di Masa Pandemi

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.