Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawab Kekhawatiran "Loss Learning", Dua Siswa CRIBS Raih Prestasi Internasional

Kompas.com - 07/07/2021, 19:52 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Di tengah masa pandemi yang memberi dampak besar bagi dunia pendidik, siswa Indonesia tidak patah semangat untuk terus menorehkan prestasi hingga ke tingkat internasional.

Dua siswa Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School (CRIBS), Muhammad Darrel Azmi Tauhid (XII-IPA) dan Muhammad Ilham Alfarisi (IX) meraih prestasi membanggakan di tingkat internasional.

Keduanya berhasil mengukir prestasi di bidang masing-masing yaitu fisika dan matematika.

Darrel berhasil meraih medali emas bidang fisika di ajang International Invention Competition for Young Moslem Scientist (I2CYMS) 2021 pada 4 Juli 2021.

I2CYMS diselenggarakan Indonesian Young Scientist Association dan Universitas Islam Negeri Gunung Jati (UIN) Bandung.

Ajang ini merupakan salah satu kompetisi karya ilmiah terbesar di Indonesia yang ditujukan untuk mencari siswa berbakat di bidang sains dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah hingga universitas dari 15 negara di antaranya Indonesia, Turki, Iraq, Yaman, Qatar, Maroko, Malaysia.

Sedangkan Ilham meraih medali perunggu dalam The 25th Junior Balkan Mathematical Olympiad (JBMO 2021) yang diselenggarakan pada 1 Juli 2021. 

JBMO 2021 diselenggarakan The Mathematical Society of the Republic of Moldova yang diikuti 128 peserta dari 22 negara. Beberapa negara yang berpartisipasi antara lain Perancis, Serbia, Arab Saudi, Filipina, Indonesia.

Baca juga: Bangga, Siswa Indonesia Ukir Prestasi 4 Medali Olimpiade Informatika Internasional

"Cahaya Rancamaya IBS mengapresiasi setinggi-tingginya prestasi yang diraih oleh para siswa. Sekolah selalu mendukung penuh upaya siswa untuk meraih kesuksesan, baik sukses akademik maupun non-akademik," ungkap Ari Rosandi, Direktur Pendidikan Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School melalui rilis resmi (7/7/2021).

Ari menyampaikan, keberhasilan para siswa dalam meraih prestasi merupakan kerja keras dan kerja cerdas mereka ditambah dukungan guru yang terus membuka ruang belajar dalam menemukan hal-hal baru.

Tetap semangat berprestasi

Muhammad Ilham meraih medali perunggu dalam The 25th Junior Balkan Mathematical Olympiad (JBMO 2021) yang diselenggarakan pada 1 Juli 2021. DOK. CRIBS Muhammad Ilham meraih medali perunggu dalam The 25th Junior Balkan Mathematical Olympiad (JBMO 2021) yang diselenggarakan pada 1 Juli 2021.

Capaian prestasi Darrel  diperoleh dari penelitian kategori Fisika dengan judul "Synthesis of Carbon Nanodots Using Anthocianin Pigmen and Its Application as Light Emitting Polymer." Sedangkan Ilham sukses mendapatkan 

Penelitian yang dikerjakan Darrel membahas pemanfaatan pigmen antosianin yang bersumber dari kulit manggis yang disintesis menjadi karbon nanopartikel (carbon nanodots).

Carbon nanodots atau c-dots yang memiliki sifat fotoluminesensi ini kemudian diaplikasikan pada polymer (polymer berpendar) agar bisa diaplikasikan pada perangkat display kedepannya (OLED atau organic LED).

Objek yang dimanfaatkan dalam penelitian bersifat organik sehingga menghasilkan polymer berpendar yang ramah lingkungan dan low cost.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com