Kompas.com - 29/06/2021, 10:35 WIB
Empat siswa Indonesia berhasil meraih empat medali dalam International Olympiad in Informatics (IOI) 2021 yang dilaksanakan secara daring pada 19-25 Juni 2021 dengan Singapura sebagai tuan rumah tahun ini.

DOK. PUSPRESNASEmpat siswa Indonesia berhasil meraih empat medali dalam International Olympiad in Informatics (IOI) 2021 yang dilaksanakan secara daring pada 19-25 Juni 2021 dengan Singapura sebagai tuan rumah tahun ini.

 

KOMPAS.com - Masa pandemi tidak menghentikan langkah siswa Indonesia untuk menorehkan prestasi di ajang internasional. Kabar membanggakan datang dari ajang International Olympiad in Informatics (IOI) 2021.

Empat siswa Indonesia berhasil meraih empat medali dalam olimpiade informatika internasional yang dilaksanakan secara daring pada 19-25 Juni 2021 dengan Singapura sebagai tuan rumah tahun ini.

Acara penutupan dan pengumuman pemenang IOI 2021 secara resmi dilaksanakan pada hari senin, tanggal 28 Juni 2021 pukul 21.30 WIB yang ditayangkan secara langsung melalui kanal Youtube IOI Singapura.

IOI merupakan kompetisi sains di bidang informatika yang diselenggarakan tiap tahun. Pada tahun ini, 355 peserta bergabung dalam International Olympiad in Informatics (IOI) dari berbagai negara.

Indonesia mengirimkan tim yang terdiri dari 4 siswa terbaik di bidang informatika dan berhasil meraih 4 medali, yaitu 1 Medali Emas dan 3 Medali Perak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Siswa berprestasi yang berhasil mengukir prestasi di ajang IOI 2021 adalah:

  • Pikatan Arya Bramajati (SMA Semesta Semarang): Medali Emas) total nilai 376.
  • Nicholas Patrick (SMA Cita Hati Christian, Surabaya): Medali Perak total nilai 322.
  • Rama Aryasuta Pangestu (SMAK Kanisius, Jakarta): Medali Perak total nilai 317.
  • Edbert Geraldy Cangdinata (SMA 1 Sutomo, Medan): Medali Perak total nilai 300.

Baca juga: Guru Besar UNY: Deteksi Dini Potensi Anak Bisa Optimalkan Prestasi

"Barisan dan pasukan" digital

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi memberikan keterangan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) secara konsisten mengirimkan anak–anak berprestasi pada kompetisi bidang informatika seperti pada ajang ke-33 IOI tahun 2021.

“Kita memerlukan generasi–generasi atau barisan–barisan dan pasukan-pasukan di berbagai bidang yang harus kita siapkan," ujar Asep Sukmayadi, Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) melalui rilis resmi (28/6/2021).

Ia menambahkan, "oleh karena itu, lebih dari 15-20 tahun ini Pusat Prestasi Nasional senantiasa konsisten untuk menyelenggarakan Kompetisi Sains Nasional, khususnya di bidang informatika."

"Setiap tahun bahkan kita juga menyiapkan anak–anak terbaik untuk menjajal kemampuan mereka dan memberikan pengalaman kepada mereka di level internasional,” ujar Asep.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.