Kompas.com - 18/06/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi hewan kurban KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOIlustrasi hewan kurban

KOMPAS.com - Jelang Hari Raya Idul Adha, permintaan akan hewan kurban pastinya meningkat. Seperti kambing, domba, dan aneka jenis sapi yang bobotnya beragam.

Untuk jenis, kambing yang disediakan ada jenis etawa, boer, muara hingga jenis kambing gembrong. Sapi pun demikian. Ada jenis Sapi Bali, Sapi Madura, Sapi Limousin, Sapi Ongole, dan Sapi Simmental dan jenis lainnya. 

Idul Adha, jadi momen perayaan keagamaan bagi umat muslim yang memberi peluang menguntungkan bagi peternak sapi dan kambing.

Namun, bagi calon pembeli dan penjual, harus tahu kriteria hewan ternak yang layak untuk kurban.

Baca juga: Pakar IPB: Ini Cara Alami Obati Tekanan Darah Tinggi

Termasuk, edukasi tentang perlakuan yang baik terhadap hewan kurban harus diketahui oleh masyarakat, khususnya bagi peternak, supaya dapat memenuhi permintaan pasar.

“Kriteria hewan ternak bagi kurban sangat berkaitan erat dengan tujuan kurban yaitu memberikan yang terbaik,” ujar Dosen Fakultas Peternakan, Panjono dilansir dari laman resmi UGM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hewan ternak yang dapat digunakan untuk kurban adalah jantan, dewasa, sehat, tidak kurus, serta tidak cacat.

Panjono memaparkan bahwa dalam pemilihan hewan kurban yang dewasa dapat ditandai dengan tumbuhnya gigi seri dari hewan ternak.

Kemudian, dalam penentuan ternak yang sehat dapat terlihat dari rambut mengkilap, mata yang bersih cerah.

Lalu, perhatikan mulut hewan yang segar, badan yang bersih, utuh, dan tidak ada luka, gerakan yang lincah, nafsu makan yang baik, serta memamah biak.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X