Kompas.com - 14/06/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi kawat gigi SHUTTERSTOCKIlustrasi kawat gigi

KOMPAS.com - Mau menggunakan kawat gigi atau behel? Boleh saja, asal kenali dulu kondisi gigi kamu. Melansir laman resmi Universitas Gadjah Mada (UGM), kawat gigi atau perawatan ortodonti merupakan perawatan gigi yang dapat dilakukan untuk mengoreksi susunan gigi yang kurang baik.

Manfaat penggunaan kawat gigi antara lain menghindarkan dari berbagai penyakit, menjaga kesehatan gigi, serta menambah kepercayaan diri.

Dokter spesialis ortodonti sekaligus dosen Fakultas Kedokteran Gigi UGM, Sri Suparwitri mengatakan ada berbagai hal yang membuat seseorang harus menggunakan kawat gigi.

Namun, paling utama kondisi gigi yang sebaiknya menggunakan kawat gigi antara lain seperti gigi renggang, gigi berjejal, gigi yang maju, dan gigi yang rahang bawahnya berada di depan rahang atas.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Susunan gigi yang kurang baik disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor keturunan, karies gigi, serta faktor kebiasaan yang kurang baik.

“Dalam proses perawatan ortodonti tidak serta merta diharuskan untuk mencabut gigi. Pada gigi yang renggang biasanya tidak dilakukan proses pencabutan gigi, namun pada gigi yang berjejal dan maju jika dirasa membutuhkan ruang untuk mengoreksi susunan gigi maka akan dilakukan proses pencabutan gigi,” tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perawatan ortodonti, bukan hanya terkait dengan estetika semata namun yang paling penting adalah fungsi kesehatan.

Sering kali pasien datang memang bertujuan untuk memperbaiki estetika, namun setelah dievaluasi memang memerlukan perawatan ortodonti dari segi fungsi kesehatannya.

“Dalam perawatan ortodonti yang paling penting diperhatikan adalah jaringan pendukung gigi yang sehat jadi walaupun gigi berlubang tetap dapat menggunakan kawat gigi dengan catatan harus ditambal terlebih dahulu,” jelas Suparwitri.

Baca juga: Beasiswa S2 di Kampus Terbaik Australia, Bebas Biaya Kuliah dan Hidup

Ketika susunan gigi tidak baik maka akan menyebabkan penyakit lain seperti karies.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X