Kompas.com - 14/06/2021, 10:00 WIB
Siswa SDN Pademangan Barat 11 berbaris untuk mengukur suhu tubuh usai jalani pembelajaran tatap muka, Rabu (9/6/2021). Dok. SDN Pademangam Barat 11Siswa SDN Pademangan Barat 11 berbaris untuk mengukur suhu tubuh usai jalani pembelajaran tatap muka, Rabu (9/6/2021).
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Setahun lebih setelah pandemi Covid-19 terjadi, para siswa di semua jenjang mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Namun pada tahun ajaran baru mendatang, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menekankan bahwa semua satuan pendidikan wajib memberikan pilihan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Hal ini bisa dilakukan jika satuan pendidikan memenuhi persyaratan, seperti guru dan tenaga kependidikan yang sudah mendapat vaksin lengkap. 

Hingga sarana dan prasarana yang dimiliki satuan pendidikan sudah mencukupi untuk melaksanakan PTM terbatas pada tahun ajaran baru mendatang.

Baca juga: PPDB 2021: Semua Satuan Pendidikan Didorong Jadi Sekolah Favorit

Ukuran keberhasilan PTM

Merangkum dari akun Instagram Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Kemendikbud Ristek, ukuran keberhasilan Pembelajaran Tatap Muka ada beberapa faktor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Tingkat kepatuhan protokol kesehatan

Pada poin ini akan dilihat bagaimana keberhasilan satuan pendidikan dalam mendisiplinkan siswa agar dapat melaksanakan protokol kesehatan (prokes) di sekolah.

2. Tingkat efektivitas pengelolaan pembelajaran pada satuan pendidikan

Dalam Webinar Guru Belajar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Sulastri Guru Sekolah Dasar Telkom Makassar mengatakan, dari segi pengelolaan pembelajaran, sekolahnya melakukan hybrid learning. Yaitu memadukan pembelajaran online dan offline.

Baca juga: Pengumuman Hasil SBMPTN 2021, Cek Link Utama dan 29 Laman Mirror Ini

3. Tingkat pelibatan guru

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X