Kompas.com - 28/05/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi konser shutterstockIlustrasi konser

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mengubah hampir segala lini dalam kehidupan manusia, tak terkecuali bidang industri event dan hiburan.

Perencana dan vendor event pun berbondong-bondong memutar otak untuk menjalankan event meski di tengah peraturan yang ketat terkait Covid-19. Akhirnya muncul event-event yang diadakan secara daring atau virtual.

Banyak sekali event musik atau konser pameran, hingga talkshow dikemas dalam bentuk virtual. Hingga event semacam pernikahan pun, juga ada yang diselenggarakan secara virtual.

Hal ini, guna meminimalisir adanya penyebaran Covid-19 di masyarakat. Karena semua serba virtual, maka tak heran banyak gedung, lapangan, terlihat sepi sementara gantinya masyarakat jadi konsumtif membeli paket data selular hingga memasang wifi.

Baca juga: Kenali Tanda Gaslighting dalam Hubungan Menurut Psikolog Unair

Tetapi saat ini, sudah mulai banyak event dibuka ketika pandemi. Hanya, jumlah pengunjungnya dibatasi dan ada juga yang dikombinasikan dengan cara blended.

Yakni, ada sebagian talkshow di event digelar secara tatap muka lalu sebagian tetap diadakan secara virtual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengajar mata kuliah MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) Universitas Airlangga, Rani Sukma Ayu Suteja mengatakan bahwa merencanakan dan melaksanakan event saat pandemi merupakan hal yang cukup menantang.

Bukan tanpa alasan, ia mengemukakan banyaknya detail perencanaan yang membutuhkan koordinasi.

“Sebaiknya memang dilakukan secara offline agar lebih mudah tercipta mutual understanding, sehingga event bisa berjalan secara lancar,” ungkapnya dilansir dari laman resmi unair.ac.id

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Ia pun tidak mengelak adanya kesan monoton yang terjadi di banyak event online. Untuk menghindari kesan tersebut sekaligus meningkatkan minat audience mengikuti event daring, ia menekankan pentingnya membuat peserta merasa terlibat dalam acara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X