Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar UGM: Ada Varian Baru Covid B.1.617, Masyarakat Diminta Tak Panik

Kompas.com - 21/05/2021, 06:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Coronavirus disease 2019 (Covid-19) hingga kini masih membayang-bayangi seluruh orang di dunia. Tak terkecuali di Indonesia.

Bahkan, Covid-19 ini juga telah bermutasi menjadi varian baru. Tentu masyarakat menjadi semakin khawatir dengan keadaan ini.

Tak hanya itu saja, muncul lagi varian baru Covid-19 yakni Covid-19 B.1.617 yang ditemukan di India. Belum lama ini telah dilaporkan masuk ke Indonesia.

Baca juga: Pakar UGM: Destinasi Wisata Dibuka Tak Masalah, asalkan...

Melansir laman Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (20/5/2021), Ketua Pokja Genetik FK-KMK UGM, dr. Gunadi, Sp.BA., Ph.D., memberikan saran pada masyarakat.

Masyarakat diminta tidak panik

Yakni masyarakat diminta untuk tidak panik dalam menghadapi situasi seperti ini.

Meski demikian, masyarakat harus tetap waspada dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

"Jangan panik, tetapi terus waspada menerapkan prokes untuk mencegah penyebaran varian baru tersebut," ujarnya.

Menurut Dosen FK-KMK UGM ini, per 11 Mei 2021 lalu, WHO telah meningkatkan status varian Covid-19 B.1.617 dari Variant of Interest (VoI) menjadi Variant of Concern (VoC) di level global.

Ini artinya, varian tersebut dinyatakan patut diwaspadai penyebarannya karena telah terbukti memengaruhi kecepatan transmisi/lebih mudah menyebar.

Harus jadi perhatian bersama

WHO juga menyatakan varian Covid-19 yang masuk dalam kategori VoC harus diawasi secara ketat untuk mengetahui perkembangan pandemi.

Negara-negara dunia dapat meningkatkan kemampuan melakukan pengawasan VoC dengan memperbanyak tes whole genome sequencing (WGS).

"Tentunya hal ini harus menjadi perhatian bersama khususnya masyarakat Indonesia, mengingat varian ini telah dideteksi di Indonesia dan juga statusnya naik jadi VoC," terangnya.

Dengan adanya perubahan status terhadap varian B.1.617 tersebut menambah varian baru virus corona yang berstatus VoC menjadi 4 varian.

Baca juga: Epidemiolog UGM: Ada Potensi Varian Baru Virus Corona di Indonesia

Adapun 3 varian lainnya yang juga dikategorikan sebagai VoC pada level global adalah:

1. Varian B.1.17 asal Inggris

2. Varian B.1.351 dari Afrika Selatan

3. Varian P.1 dari Brazil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com