Kompas.com - 19/05/2021, 10:38 WIB
Pengunjung Memadati Kawasan Pantai Kukup Gunungkidul Minggu (16/5/2021) Dokumentasi SARPengunjung Memadati Kawasan Pantai Kukup Gunungkidul Minggu (16/5/2021)
|

KOMPAS.com - Lebaran 2021 ini, masyarakat belum bisa mudik. Tentu karena pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman masyarakat.

Bahkan muncul varian baru dari Covid-19. Untuk itu, pemerintah masih melarang mudik Lebaran pada tahun 2021 ini.

Kendati demikian, ada beberapa destinasi wisata yang dibuka untuk musim libur Lebaran. Tak heran jika beberapa lokasi wisata ramai dipadati pengunjung.

Baca juga: Protokol Destinasi, Panduan Pemulihan Wisata Indonesia

Beberapa lokasi destinasi wisata favorit terjadi peningkatan jumlah pengunjung sehingga beberapa kepala daerah, seperti di Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta, mengambil kebijakan.

Kebijakan itu yakni menutup sementara dalam rangka antisipasi laju lonjakan penyebaran Covid-19 dari kerumunan pengunjung wisata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kesehatan perlu didahulukan

Terkait penutupan lokasi wisata tersebut, Kepala Pusat Studi Pariwisata (Puspar) UGM Prof. Janianton Damanik memberikan dukungan.

Menurutnya, kepentingan kesehatan masyarakat perlu didahulukan daripada membuka destinasi wisata. Ini juga untuk mengantisipasi risiko melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia.

"Saya kira penutupan ini bukan sesuatu yang aneh. Jangan dibenturkan penutupan dengan soal ekonomi," ujarnya, seperti dikutip laman UGM, Selasa (18/5/2021).

"Jika kita belum bisa menjamin kesehatan masyarakat maka ini bisa menjadi bumerang. Jika terjadi ledakan Covid-19, tentu tidak mudah diatasi, apalagi ancaman munculnya varian baru. Karena itu, pemerintah harus konsisten untuk menutup," imbuh Janianton.

Adapun upaya penanggulangan penyebaran Covid-19 ini tidak bisa bergantung dengan pemerintah untuk selalu mengawasi masyarakat agar taat protokol kesehatan (prokes), baik saat bepergian maupun saat berliburan.

Baca juga: Akademisi UGM: Libur Panjang, Pelaku Wisata Harus Edukasikan Ini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.