Kompas.com - 09/05/2021, 07:30 WIB
Ilustrasi Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Shutterstock/HarismoyoIlustrasi Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Jika calon mahasiswa ingin memperoleh satu kursi kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), maka masih ada kesempatan lewat seleksi mandiri yang dibuka setiap PTN.

Semua calon mahasiswa diperbolehkan ikut seleksi mandiri yang dibuka tiap PTN. Meski sebelumnya sudah mengikuti SNMPTN dan SBMPTN 2021.

Baca juga: Kemendikbud Ristek dan Kemenag Hormati Pembatalan SKB Seragam Sekolah

Sudah ada beberapa PTN yang membuka seleksi mandiri, salah satunya Universitas Indonesia (UI). Seleksi mandiri yang dibuka UI sudah banyak dikenal orang, yakni SIMAK UI.

Calon mahasiswa yang ikut SIMAK UI bisa memilih hingga 3 prodi S1 regular. Maka dari itu, harus memikirkan strategi yang terbaik.

Termasuk memperhitungkan daya tampung dan tingkat keketatan jurusan yang dipilih, agar bisa merebut satu kursi kuliah di UI.

Melansir laman UI, Minggu (9/5/2021) memberitahukan semakin besar persentase berarti daya saing rendah. Sedangkan semakin kecil persentase berarti daya saing tinggi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait daya tampung S1 Regular di SIMAK UI 2021 dan tingkat keketatan 2020, maka bisa melihat rinciannya secara jelas seperti di bawah ini.

Daya tampung dan tingkat keketatan Jurusan Saintek

1. Pendidikan Dokter

  • Daya tampung 2021: 90
  • Persentase diterima 2020: 1,2 persen

2. Pendidikan Dokter Gigi

  • Daya tampung 2021: 55
  • Persentase diterima 2020: 1,3 persen

Baca juga: Calon Mahasiswa, UIN Jakarta Buka Seleksi Mandiri Mulai 10 Mei

3. Matematika

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X