Kompas.com - 07/05/2021, 13:08 WIB
Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 1 yang diikuti oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan beberapa kampus lainnya di Majenang, Cilacap, Jawa Tengah. 
 Dok. UNYKegiatan Kampus Mengajar Angkatan 1 yang diikuti oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan beberapa kampus lainnya di Majenang, Cilacap, Jawa Tengah.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Melalui program Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemndikbud Ristek) yakni Kampus Mengajar Angkatan 1 memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk memberikan sumbangsih dalam bidang pendidikan.

Sasaran mengajar dari program ini diperuntukan bagi sekolah dasar yang terakreditasi C atau di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

Salah satu mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang berkesempatan menjalani program tersebut adalah Ramzy Rais Priyambada dari jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Dia punya kesempatan mengajar di SDN Sadahayu 02 Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Baca juga: UGM Peringkat Pertama Raih Pendanaan PKM 2021

Terapkan pembelajaran di alam terbuka

Salah satu program yang diinisiasi Ramzy, yakni pembelajaran menyenangkan di alam terbuka yang dinamai Delima, yang merupakan singkatan dari Dedikasi Lingkungan Kampus Mengajar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Ramzy, kegiatan ini sebagai inovasi yang dilandasi hasil evaluasi belajar yang terbilang masih monoton selama mereka membantu proses belajar mengajar.

"Kami berharap dengan Delima dapat tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan," kata Ramzy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (7/5/2021).

Baca juga: Epidemiolog UGM: Jangan Abai Prokes meski Sudah Divaksin

Dalam program Kampus Mengajar Angkatan 1, Ramzy bersama mahasiswa dari kampus lain, yakni Sekar Fatmaningsih, Nu’mah Fatchiyah Disiwi, Vina Amalia Rizky dan Septi Candra Ningsih dari Universitas Jenderal Soedirman serta Desi Rahmawati dan Rakhmadhona Istifarah dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Ramzy menambahkan, kegiatan ini digelar selama satu pekan hingga 6 Mei 2021 di Desa Wisata Taman Danaraja yang berada di Desa Sepatnunggal, tidak jauh dari sekolah.

Ramzy dan tim berharap peserta didik mendapatkan pengalaman belajar sambil bermain di lingkungan bernuansa alam ini. Sehingga dapat belajar sambil bersenang-senang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X