Kompas.com - 07/05/2021, 08:05 WIB
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta Shutterstock/Fajar Tri AmboroKampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil menduduki peringkat pertama sebagai universitas dengan jumlah proposal terbanyak mendapatkan dana pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemdikbud Ristek).

Total ada 348 proposal dari UGM yang mendapat pendanaan PKM 2021.

Kepala Subdirektorat Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM, Suherman mengatakan, ada 348 proposal PKM UGM pada tujuh bidang yang lolos menerima pendanaan PKM Kemendikbud Ristek.

Dalam pengumuman pendanaan PKM 2021 Ditjen Dikti Kemdikbud Ristek pada tujuh bidang disebutkan UGM berada di peringkat pertama dengan 348 proposal.

Baca juga: 4 Tips Seputar Penggunaan Kawat Gigi ala Pakar UGM

Selanjutnya, proposal terbanyak yang didanai oleh Kemdikbud adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan 298 proposal. Di urutan ketiga ada Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan 244 proposal, Universitas Brawijaya sebanyak 236 proposal, serta Universitas Diponegoro sebanyak 192 proposal.

Rincian proposal yang mendapat dana PKM

Suherman menerangkan, UGM awalnya mengajukan sebanyak 804 proposal PKM pada sembilan bidang. Dari jumlah tersebut berhasil lolos memperoleh pendanaan sebanyak 348 proposal dari tujuh bidang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rincian 348 proposal PKM yang mendapatkan pendanaan sebagai berikut:

1. Sebanyak 43 proposal PKM bidang Kewirausahaan (PKM-K)

2. Sebanyak 43 proposal PKM bidang Karsa Cipta (PKM-KC)

Baca juga: Sinarmas Multifinance Buka Lowongan Kerja S1 Fresh Graduate

3. Sebanyak 27 proposal PKM bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X