Kompas.com - 06/05/2021, 18:24 WIB
Mentari Group meluncurkan Mentari Mathematics Olympiad (MEMO) 2021 sebagai bagian dari program Pelajar Berkreasi 2021. DOK. MENTARI GROUPMentari Group meluncurkan Mentari Mathematics Olympiad (MEMO) 2021 sebagai bagian dari program Pelajar Berkreasi 2021.

KOMPAS.com - Masih rendahnya kompetensi numerasi siswa Indonesia dalam hasil PISA 2018 mengundang banyak pihak terdorong untuk memberikan kontribusi untuk mendongkrak kemampuan tersebut.

Salah satunya Mentari Group yang secara resmi meluncurkan "Mentari Mathematics Olympiad (MEMO) 2021". Kompetisi MEMO 2021 sendiri masih merupakan bagian dari program Pelajar Berkreasi 2021.

“Jika kita menilik fakta pelajar Indonesia, menurut hasil PISA 2018, skor rata-rata Matematika pelajar Indonesia mencapai 379. Skor tersebut masih di bawah skor rata-rata negara partisipan, yaitu 487," ungkap Natalina Rimba, Direktur Program Pelajar Berkreasi.

Sedangkan menurut hasil TIMSS 2015, lanjut Natali, skor Matematika Indonesia mencapai 397 dengan rata-rata skor TIMSS, yaitu 500.

"Dari data ini terlihat bahwa Indonesia masih berjuang dalam meningkatkan numerasi pelajar. Mentari Group siap dan bersedia mendukung Kemendikbudristek RI untuk turut berkontribusi tingkatkan numerasi para pelajar melalui MEMO," ujar Natali.

Natali menyampaikan, pihaknya berharap MEMO dapat hadir sebagai kegiatan positif bagi pelajar yang dapat mendukung mereka untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan bernalar tingkat tinggi (higher order thinking skills/HOTS).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pelajar Berkreasi dirancang untuk membantu pelajar meningkatkan kompetensi dan mempersiapkan mereka menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Dalam hal numerasi, kami menghadirkan Mentari Mathematics Olympiad atau MEMO," jelasnya.

Baca juga: Siswa Indonesia Borong Medali Kompetisi Daring Matematika Internasional 2021

Matematika yang kontekstual

Dalam kesempatan sama, Sri Wahyuningsih, Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud Ristek menambahkan pentingnya kolaborasi berbagai pihak dalam meningkatkan kemampuan numerasi bagi pelajar.

“Tentunya pemerintah tidak bisa bergerak sendiri, tetapi membutuhkan dukungan dari pihak lain," ujar Sri. Secara khusus Sri memberikan apresiasi kepada Mentari Group yang sangat mendukung dengan mengadakan MEMO tahun ini. 

Menurut Sri, perlombaan merupakan salah satu langkah strategis agar pelajar dapat mengasah kemampuan dan memotivasi diri siswa. Terlebih di masa pandemi, kompetisi menjadi kegiatan positif yang dapat membantu siswa menggunakan waktu luang lebih produktif dan bermanfaat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X