Kompas.com - 07/05/2021, 07:30 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi Vaksin Covid-19
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Saat ini pemerintah masih menjalankan program vaksinasi Covid-19 yang akan diberikan ke masyarakat Indonesia secara bertahap.

Dengan pemberian vaksin bagi masyrakat, diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk menyudahi pandemi yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun ini.

Namun, perlu diingat bahwa pemberian vaksin tidak menjamin kamu aman dari paparan Covid-19.

Hal ini disebabkan efikasi vaksin Covid-19 yang ada saat ini belum mencapai 100 persen.

Baca juga: Ini 12 Langkah Ikuti Pendaftaran Beasiswa Kemendikbudristek 2021

Tetap jalankan prokes setelah vaksin

Setelah mendapatkan vaksin lengkap, masyarakat diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat beraktivitas di luar rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Riris Andono Ahmad meminta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan prokes pencegahan Covid-19 meski telah divaksinasi.

"Dengan vaksin yang ada saat ini belum ada yang 100 persen memberikan kekebalan terhadap Covid-19," kata Riris dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (6/5/2021).

Baca juga: Yuk Simak Mitos dan Fakta Seputar Susu UHT Menurut Guru Besar IPB

Efikasi tiap vaksin berbeda

Riris memberi contoh, pada vaksin Sinovac yang dipakai di Indonesia memiliki efikasi atau kemanjuran sebesar 65,3 persen.

Artinya, dari 100 orang yang divaksin masih ada kemungkinan sebanyak 34,7 persen masyarakat yang bisa terinfeksi Covid-19.

Hanya saja orang yang telah divaksin memiliki risiko keparahan sakit akibat Covid-19 lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak divaksin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X