Kompas.com - 19/04/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi anak ketika berbuka puasa kurma bersama orangtuanya. FREEPIK/RAWPIXEL.COMIlustrasi anak ketika berbuka puasa kurma bersama orangtuanya.

KOMPAS.com - Setelah seharian berpuasa, kadang kala keinginan untuk mengonsumsi beragam jenis makanan dan minuman saat berbuka menjadi tak terbendung. Membuat seseorang berpotensi menyantap hidangan yang sebenarnya kurang baik bagi kesehatan.

Dosen Ahli Gizi FKM Universitas Airlangga (Unair) sekaligus Ketua DPD Pergizi Pangan Jawa Timur Annis Catur mengatakan ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari dan ada pula menu lainnya yang justru disarankan saat berbuka puasa.

Pasalnya, alih-alih menyehatkan bagi tubuh, mengonsumsi makanan atau minuman secara berlebihan ketika berbuka puasa bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan tubuh. Misalnya, sakit perut, kembung, serta diare.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Karena itu, Annis memberikan beberapa tips pemilihan makan yang baik saat berbuka puasa agar tubuh tetap sehat.

Air putih dan kurma

"Minum air putih dan makan kurma saat berbuka puasa adalah pilihan yang tepat," ujarnya seperti dirangkum dari laman Unair News, Senin (19/4/2021).

Sesuai anjuran kesunahan puasa Ramadan, lanjut dia, berbuka memang harusnya disegerakan. Misalnya, langsung berbuka dengan meminum air dan memakan kurma.

"Diawali dengan air putih dan kurma, baru kemudian makanan yang manis yang mengandung gula atau karbohidrat sederhana. Jangan tergesa-gesa saat makan (beri kesempatan lambung untuk menyesuaikan proses pencernaan. Jangan minum dan makan berlebihan," ujarnya.

Alih-alih menyehatkan bagi tubuh, mengonsumsi makanan atau minuman secara berlebihan ketika berbuka puasa bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan tubuh. Misalnya, sakit perut, kembung, serta diare.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

“Minumlah air secukupnya dan kunyah makanan dengan baik, 33 kali dan tidak tergesa-gesa,” ujarnya.

Batasi minuman dingin

Ia menyarankan untuk menghindari minuman es atau minuman bersoda saat berbuka. Termasuk hindari makanan yang mengandung gula atau karbohidrat sederhana.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X