Kompas.com - 19/04/2021, 12:37 WIB
Ilustrasi perawat dan dokter ShutterstockIlustrasi perawat dan dokter
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Tenaga kesehatan menjadi salah satu profesi yang selalu dibutuhkan dunia kerja. Semua rumah sakit, fasilitas kesehatan hingga Dinas Kesehatan membutuhkan tenaga kerja dari lulusan Ilmu-ilmu Kesehatan.

Jurusan Ilmu Kesehatan selalu diincar para siswa untuk melanjutkan pendidikan tiap tahunnya. Salah satu alasannya agar cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Salah satu perguruan tinggi yang ada di Jawa Tengah, Universitas Jenderal Soedirman (Oensoed) Purwokerto memiliki Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKes).

Dekan FIKes Prof. Saryono menerangkan, dalam Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan ada beberapa jurusan, yakni program S1 Farmasi dengan Akreditasi B, Kesehatan Masyarakat dengan Akreditasi B, Keperawatan dengan Akreditasi A , Ilmu Gizi dengan Akreditasi A dan Pendidikan Jasmani dengan Akreditasi A.

Baca juga: Trakindo Buka Lowongan Kerja bagi D3-S1 Fresh Graduate

Sedangkan untuk S1 Kelas Internasional yaitu Keperawatan dengan Akreditasi B.

"FIKes Unsoed juga menyelenggarakan program pendidikan Profesi yaitu Pendidikan Profesi Ners dengan Akreditasi A, dan Pendidikan Profesi Apoteker dengan Akreditasi B," terang Saryono seperti dikutip dari laman unsoed.ac.id, Senin (19/4/2021).

Prospek kerja prodi keperawatan

Saryono memberikan gambaran tentang prospek kerja profesi Keperawatan.

Menurut dia, perawat memiliki peran penting saat bertugas membantu memenuhi kebutuhan dasar dari pasien.

Baik makan, minum, tidur, dan lain-lain. Itu menjadi tugas utama perawat.

“Lingkup pekerjaan perawat, selain di rumah sakit, juga bisa bekerja di Puskesmas. Dinas kesehatan, perawat kesehatan kerja di perusahaan-perusahaan. Sehingga lingkup kerja lulusan Keperawatan cukup luas," terang Saryono.

Baca juga: Ajak Siswa Kreatif, Pelajaran Menggambar Harus Merdeka dan Bebas

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X